test

News

Kamis, 19 Agustus 2021 14:20 WIB

Kemenkes Sarankan Penderita Autoimun Divaksin Moderna dan Pfizer

Editor: Hadi Ismanto

Kemenkes pastikan Moderna akan diberikan ke masyarakat umum. (Foto: PMJ News/The Conversation).

PMJ NEWS - Pemerintah merekomendasikan para penderita penyakit autoimun agar tetap mendapatkan vaksinasi Covid-19. Namun, disarankan menggunakan vaksin yang berbasis mRNA seperti Moderna dan Pfizer.

Diketahui, kedua vaksin itu telah menjadi merek vaksin Covid-19 yang digunakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk program vaksinasi nasional di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyebut para penderita autoimun sejatinya bisa menerima vaksin jenis apapun. Syaratnya, saat pemberian vaksin kondisinya terkontrol baik dan dibuktikan dengan surat rekomendasi dokter.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi (Foto: PMJ News/Instagram)
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi (Foto: PMJ News/Instagram)

"Tetapi ada yang memang tidak bisa, hanya dianjurkan diberikan vaksin yang platform mRNA," ujar Nadia saat dikonfirmasi, Kamis (19/8/2021).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta resmi membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk penderita autoimun dengan vaksin Moderna. Pemeritahuan ini disampaikan melalui unggahan akun instagram resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta @dinkesdki.

Dalam postingannya, vaksinasi bagi penderita autoimun di fasilitas kesehatan DKI Jakarta hanya untuk mereka yang membawa KTP asli DKI Jakarta, atau surat domisili resmi yang dikeluarkan RT setempat.

"Yuk, vaksin pada acara pencanangan vaksinasi untuk autoimun dengan vaksin Moderna," tulis Dinkes DKI.

BERITA TERKAIT