test

News

Rabu, 25 Agustus 2021 18:05 WIB

Menkes Akui Tracing Covid-19 di Indonesia Kembali Melemah

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto : PMJ/Dok Sekpres).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap saat ini tracing atau pelacakan kasus virus Covid-19 di Indonesia kembali melemah.

Kendati demikian, Budi menegaskan akan menangani hal tersebut melalui penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"PeduliLindungi akan digunakan untuk tracing. Jadi kalau kita menembak barcode itu sebenarnya selain berfungsi untuk screening, juga bisa gunakan untuk tracing. Karena tracing kita masih lemah sampai sekarang," ujar Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Rabu (25/8/2021).

Budi kemudian menjelaskan, jika masyarakat Indonesia ingin hidup berdampingan dengan virus Covid-19, maka diperlukan peningkatan kualitas pelacakan atau tracing.

Nantinya, tracing melalui aplikasi PeduliLindungi juga akan mempermudah upaya untuk melindungi masyarakat yang pernah berinteraksi dengan pasien terpapar Covid-19.

"Ke depaan diharapkan melalui barcode ini, kalau ada masyarakat yang terpapar, dalam hitungan detik kita dapat mengetahui dia ini pernah kemana saja. Sehingga kemudian kita dapat melindungi orang lain yang berinteraksi atau bertemu dengan dia sebelumnya," tukasnya.

BERITA TERKAIT