test

Kesehatan

Rabu, 8 September 2021 10:20 WIB

5 Manfaat Main Golf, Bisa Bakar Kalori hingga Perkuat Tulang

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi main golf. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Golf merupakan olahraga luar ruangan berupa memasukkan bola golf ke dalam lubang yang ada di lapangan. Olahraga ini berasal dari Skotlandia atau Belanda.

Sebuah peneliti terbaru mengemukakan bermain golf memiliki manfaat bagi kesehatan. Jadi wajar bila olahraga golf kini jadi tren di kalangan anak muda dan pekerja.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Tabu (8/9/2021), berikut manfaat main golf untuk kesehatan.

1. Memperkuat Tulang
Bermain golf dapat mencegah seseorang mengalami masalah tulang di hari tua. Gerakan memukul bola dengan stik golf ini bermanfaat untuk membuat otot dan tulang tetap kuat.

Selain itu, tempatnya yang berada di luar ruangan juga membantu tubuh mendapatkan paparan sinar matahari yang baik untuk penyerapan vitamin D.

2. Baik untuk Kesehatan Mental
Bermain golf juga menigkatkan ketenangan, fokus, serta fungsi kognitif. Jadi tak hanya kesehatan fisik saja manfaat dari bermain golf namun juga baik untuk kesehatan mental yang dapat meredakan stres.

3. Bisa Memperpanjang Usia
Studi di swiss menunjukkan bermain golf dapat membuat panjang umur. Hasil penellitian mendapati orang yang rutin oalhraga golf memilik umur lima tahun lebih lama dibanding yang tidak main golf.

Studi lain juga mendapat bernain golf setidaknya satu bulan sekali mengurangi resiko kematian dini pada orang dewasa.

4. Membakar Kalori
Bermain golf dengan memasukan bola ke 18 lubang rata-rata dapat membakar 2.000 kalori. Jumlah ini baik untuk diet dan menjaga kebugaran tubuh.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Komorbid
Penyakit komorbid atau penyakit penyerta seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol dapat menurun dengan berolahraga golf.

Dengan berolahraga golf membantu tubuh tetap fit dan bergerak. Aliran darah juga akan semakin lancar. Orang yang bermain golf juga memiliki kesehatan jantung dan paruiparu yang baik.(Mg-Rev)

BERITA TERKAIT