test

News

Minggu, 12 September 2021 15:36 WIB

Pemerintah Minta Masyarakat Bersiap Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar masyarakat bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Pasalnya, virus corona tidak akan hilang dalam waktu dekat.

"Penerapan protokol kesehatan secara ketat dan vaksinasi sejauh ini merupakan cara terbaik dalam melindungi diri dari penyebaran Covid-19," tulis Presiden di akun Instagramnya @Jokowi, Minggu (12/9/2021).

Jokowi juga meminta tidak ada euforia berlebihan atas penurunan kasus Covid-19. Menurutnya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan proses transisi dari pandemi ke endemi .

"Ini perlu saya ingatkan karena kita harus mulai menyiapkan proses transisi dari pandemi ke endemi. Tidak boleh ada euforia yang berlebihan, karena Covid-19 masih ada dan selalu mengintip dan menunggu kelengahan kita," tuturnya.

Senada dengan Jokowi, Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin juga menyampaikan saat ini pemerintah tengah menyiapkan skenario untuk menghadapi masa endemi Covid-19.

"Secara lebih detailnya itu memang sedang disiapkan skenarionya seperti apa. Tapi pokok-pokoknya seperti itu. Ya penerapan protokol kesehatan tetap berlanjut. Kemudian juga vaksinasi sampai tiga kali. Ini yang sekarang dilakukan oleh pemerintah," terang Maruf.

Dia meminta masyrakat agar tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Hal ini seiring dengan langkah pemerintah yang juga terus menggenjot capaian vaksinasi.

"Karena itu maka kita akan terus menerapkan protokol kesehatan dan melakukan terus vaksinasim," ucap Maruf.

BERITA TERKAIT