test

Suara Pilkada

Senin, 13 September 2021 06:27 WIB

PLN Siap Antisipasi Gangguan Listrik Dalam PON Papua

Editor: Ferro Maulana

Stadion yang dipergunakan dalam PON Papua. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Pihak PT PLN (Persero) siap mengantisipasi gangguan listrik saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021. 

PLN menggelar simulasi gangguan kelistrikan pada saat pelaksanaan PON Papua.

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi Maluku Papua dan Nusa Tenggara Syamsul Huda mengatakan simulasi kelistrikan ini dilakukan untuk melihat kesiapan perseroan dalam menghadapi gangguan saat pelaksanaan PON. 

Seperti, di lokasi PON Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten Mimika.

"Bila sistem listrik dari PLN itu padam, backup-nya sudah bisa jalan, ada UPS dan Mobile Genset yang kita pasang," terang Huda dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (12/9/2021)

"Sehingga praktis tidak ada kedip saat terjadi gangguan pada sistem kelistrikan PLN,” katanya lagi. 

Huda melanjurkan, pelaksanaan simulasi dimulai dari keadaan normal dengan beban venue disuplai oleh jaringan listrik yang ada.

Kemudian petugas yang bersiaga pada Load Break Switch Three Ways memadamkan suplai listrik ke venue untuk membuat seolah-olah terjadi gangguan pada sistem kelistrikan.

Kondisi tersebut menyebabkan suplai listrik instalasi venue secara otomatis diambil alih oleh baterai Uninterruptible Power Supply (UPS). 

Sebelum akhirnya genset beroperasi secara otomatis mengalirkan listrik ke venue. 

"Dengan cara ini listrik pada venue tidak mengalami kedip atau padam," ucapnya. 

Sistem suplai backup dengan Mobile Genset dan UPS digunakan di sebagian besar venue PON XX Papua. 

Sistem ini dipakai untuk menjaga instalasi penting yang tidak boleh terjadi padam, seperti lampu penerangan dan videotron.

Sedangkan, dari kesiapan jumlah personel pengamanan kelistrikan PON XX Papua, PLN akan menyiapkan 1.574 petugas yang tersebar di empat klaster penyelenggara.

“Kami akan mengirimkan tambahan personil dari unit-unit di sekitar Papua," tuturnya. 

"Khususnya Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara agar semua mengirimkan petugas ke Papua untuk membantu pelaksanaan PON," sambungnya. 

 

BERITA TERKAIT