News

Senin, 13 September 2021 13:05 WIB

Menkes Ungkap Tiga Ribu Orang Positif Covid-19 Berkeliaran di Mal

Editor: Ferro Maulana

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto : PMJ/Dok Sekpres).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, masih terdapat ribuan orang yang terpapar positif Covid-19 yang keluar rumah, bahkan berjalan-jalan ke mal. Hal tersebut terdeteksi melalui aplikasi PeduliLindungi.

Sebagai informasi, PeduliLindungi mempunyai kemampuan untuk memantau mobilitas masyarakat yang terpapar Covid-19. Menurutnya, sudah ada 29 juta orang yang registrasi di aplikasi itu.

"Kita bisa lihat suprisingly tetap saja ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam. Hitam itu artinya positif Covid-19 namun masih jalan-jalan," demikian pernyataan Menkes dalam rapat dengan Komisi IX DPR, hari ini Senin (13/9/2021).

Tak hanya cuma terdeteksi masuk mal, lanjut Menkes, masyarakat positif Covid-19 juga terdeteksi masuk ke fasilitas publik.

"Masih masuk mal 3 ribu orang. Dan, juga masih masuk ke bandara 43 orang. Dan, juga masih naik kereta juga 63 orang, masih masuk restoran 55 orang," bebernya.

Masih dari keterangannya, seharusnya masyarakat yang terpapar dan teridentifikasi Covid-19 harus tinggal baik di rumah maupun di tempat isolasi terpusat.

"Dengan demikian kita bisa melacak mereka dan memastikan mereka segera kita ambil untuk kita lakukan isolasi," pungkasnya.

BERITA TERKAIT