Kesehatan

Kamis, 16 September 2021 10:05 WIB

5 Panduan Pemula untuk Memulai Pola Makan Sehat

Editor: Hadi Ismanto

Pola makan sehat bisa mengurangi resiko penyakit. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Sejumlah penelitian mengemukakan pola makan sehat dapat mengurangi risiko penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas. Makan sehat harus lebih banyak pilihan di setiap kelompok makanan.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Kamis (15/9/2021), berikut panduan bagi seorang pemula yang ingin menjaga pola makan ada beberapa aturan dasar untuk diikuti yang bisa membantu.

1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur
Mengonsumsi dua sampai tiga porsi buah dan sayuran segar dianggap sehat dan bergizi. Buah dan sayuran sangat ampuh mengurangi risiko kolesterol tinggi, diabetes tipe 2 dan mencegah penyakit lain. Pastikan memilih produk organik yang bebas bahan kimia.

2. Kurangi Konsumsi Daging
Mirip dengan pola makan nabati, makan sehat juga harus ditunjang dengan mengurangi konsumsi daging. Langkah ini tidak hanya akan membawa perubahan yang sehat bagi tubuh tetapi juga bumi.

3. Pilih Biji-bijian Utuh
Penting untuk lebih selektif memilih biji-bijian dan produk dasar yang organik, bersih dan bebas dari segala jenis pengawet. Pastikan membeli dan membaca label produk biji-bijian sangat hati-hati.

Biji-bijian asli akan memiliki label yang sangat pendek dan tidak ada bahan pengawet tambahan. Biji-bijian utuh seperti gandum, quinoa, variasi yang tidak dimurnikan juga telah terbukti membantu pencernaan, kekebalan dan menurunkan berat badan.

4. Kurangi Makanan Olahan
Selain menambahkan lebih banyak biji-bijian dalam makanan, pola makan sehat juga harus ditunjang dengan membatasi produk makanan olahan. Usahakan untuk mengonsumsi seminim mungkin junk food dan makanan kemasan, hingga makanan beku.

5. Batasi Konsumsi Gula
Beradaptasi dengan gaya hidup makan sehat, salah satunya dengan membatasi gula tambahan hingga garam. Banyak orang tak menyadari makanan olahan yang dikonsumsi, seperti biskuit hingga roti, juga sudah mengandung gula.

Kurangi asupan gula dan natrium dari ragam jenis makanan dan minuman, seperti minuma bersoda, permen, dan banyak produk siap saji seperti batangan granola dan sereal.

BERITA TERKAIT