test

Kesehatan

Selasa, 28 September 2021 10:05 WIB

5 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan, Baik Buat Usus Hingga Bantu Kurangi Depresi

Editor: Hadi Ismanto

Jamur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Sebagian orang jamur dianggap sebagai makanan super karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, kandungan nutrisi pada jamur juga sangat melimpah.

Jamur mengandung asam lemak tidak jenuh, protein, vitamin B1,B2,C,dan D2, rendah kolesterol, lemak dan kalori, mengandung mineral termasuk kalsium, magnesium, zat besi, fosfor.

Seperti dilansir dari laman Eat This, Selasa (28/9/2021), berikut ini lima manfaat mengonsumsi jamur untuk kesehatan tubuh.

1. Baik untuk Kesehatan Usus
Kesehatan usus yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Jamur juga bisa membantu dalam hal ini dengan kandungan seratnya yang signifikan.

Banyak penelitian menunjukkan jamur kaya akan prebiotik. Tidak hanya membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus secara keseluruhan, prebiotik juga mempromosikan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Jamur adalah lambang konsep makanan sebagai obat. Jamur telah digunakan untuk mendapatkan khasiat obatnya selama lebih dari 2.000 tahun. Jamur dikenal dengan beragam senyawa bioaktifnya, terutama beta glukan yang meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Sumber vitamin D
Menurut satu ulasan yang melihat data dari 2011 sampai 2012, sebanyak 41,6 persen orang dewasa di Amerika Serikat kekurangan vitamin D. Sementara sumber alami terbaik vitamin D adalah sinar matahari.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia belum lama ini menemukan bahwa jamur dapat menyediakan 50 sampai 100 persen kebutuhan vitamin D harian.

Kekurangan vitamin D ada kaitannya dengan kelelahan, terganggunya kesehatan tulang, berkurangnya fungsi kekebalan, dan peningkatan risiko penyakit kronis termasuk jenis kanker tertentu.

4. Melawan Peradangan
Jamur juga memiliki sifat antiinflamasi. Jamur kaya akan selenium, nutrisi yang bersifat antioksidan kuat yang membantu mengurangi peradangan.

Jamur tiram, dibandingkan dengan variasi jamur lainnya, punya sifat antiinflamasi lebih banyak karena kandungan beta-glukan yang kaya.

5. Membantu Mengurangi Depresi
Tentu saja, tidak ada satu makanan pun yang akan menyembuhkan gangguan kesehatan mental, tetapi ada beberapa bukti b

BERITA TERKAIT