test

Kesehatan

Kamis, 30 September 2021 10:20 WIB

5 Bahan Alami yang Dipercaya Bisa Redakan Sakit Kepala

Editor: Hadi Ismanto

Sakit kepala sebelah atau migrain dapat mengganggu aktivitas. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Sakit kepala bisa menyerang setiap orang secara tiba-tiba. Rasa nyeri di kepala ini tentu dapat membuat seseorang tidak nyaman, apalagi bila disertai mual.

Saat kondisi ini, kita tidak harus selalu mengandalkan obat-obatan. Sebelum mencari obat sakit kepala di warung atau apotek, ada sejumlah bahan alami untuk mengatasinya.

Seperti dilansir dari laman Boldsky, Kamis (30/9/2021), berikut lima cara menghilangkan sakit kepala dan mual dengan bahan alami yang mudah ditemui di rumah.

1. Kayu Manis
Kayu manis merupakan rempah sehat yang kaya akan antioksidan, melindungi kesehatan jantung, mengandung sifat anti inflamasi, dan efektif dapat mengobati sakit kepala.

Cara menggunakan, giling beberapa batang kayu manis dan tambahkan air ke dalamnya untuk membuatnya menjadi pasta kental. Oleskan di dahi Anda dan berbaringlah selama 30 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan rasakan perbedaannya.

2. Kunyit
Kunyit telah digunakan untuk sakit kepala dan migrain karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Minum segelas susu kunyit telah terbukti membantu mengurangi sakit kepala. Susu kunyit juga akan meredakan hidung tersumbat karena rasanya yang hangat.

Cara menggunakan, panaskan segelas susu cair dan tambahkan satu sendok teh kunyit ke dalamnya. Minumlah tiga kali sehari untuk meredakan sakit kepala dan nyeri tubuh yang berhubungan dengan flu.

3. Cengkih
Cengkih bisa digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk menyembuhkan sakit kepala yang berdenyut-denyut karena sifatnya yang mendinginkan dan menghilangkan rasa sakit.

Cara menggunakan, tambahkan 2 tetes minyak cengkeh dalam satu sendok makan minyak kelapa dan garam laut. Oleskan dan pijat lembut pada dahi dan pelipis Anda dengan itu. Ini sangat membantu meredakan sakit kepala dengan cepat.

4. Lada
Lada mengandung zat yang disebut capsaicin yang dapat membantu meredakan sakit kepala yang berdenyut-denyut. Selain itu, dapat lada membantu meredakan hidung tersumbat dengan mengencerkan lendir.

Cara menggunakan, tambahkan merica ke makanan atau minuman Anda untuk mendapatkan manfaat baiknya dan meredakan sakit kepala.

5. Teh Jahe
Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa jahe, yang diminum bersama obat nyeri biasa yang dijual bebas, meredakan rasa sakit bagi penderita migrain.

Cobalah minum suplemen jahe atau seduh teh jahe. Anda juga bisa memijat minyak jahe yang diencerkan ke pelipis, dahi, leher, dan bahkan punggung. Jika Anda stres, teh jahe hangat juga dapat membantu menenangkannya, membuat Anda merasa lebih baik.

BERITA TERKAIT