test

Suara Pilkada

Selasa, 5 Oktober 2021 12:20 WIB

Inovasi Pembangunan, Istora Papua Bangkit Catat Tiga Rekor MURI

Editor: Ferro Maulana

Istora Papua Bangkit. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo telah meresmikan sejumlah venue olahraga sebelum membuka gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akhir pekan lalu.

Salah satunya, Istora Papua Bangkit yang dalam pembangunannya mencatat sejumlah rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad menjelaskan, pihaknya telah menyelesaikan pembangunan Istora Papua Bangkit pada 2020 lalu. Kawasan olahraga itu berdiri seluas 7.740 meter persegi dengan memiliki 3.148 kursi tribun.

"Istora Bangkit meraih 3 Rekor MURI atas keberhasilannya menerapkan beberapa inovasi dalam pembangunannya," terang Novel kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Novel menuturkan, rekor yang dicatatkan Istora Papua Bangkit yaitu instalasi textile duct ring terpanjang, atap dome terluas tanpa baut, dan atap baja lengkung terpanjang.

Venue ini ditegaskan berhasil menelurkan berbagai inovasi sekaligus kecanggihan konstruksi.

"PT PP sangat bangga dapat dipercaya oleh Pemerintah untuk mengerjakan salah satu gedung perhelatan PON XX ini,” urainya melanjutkan.

Untuk diketahui, peresmian Istora Papua Bangkit dan sejumlah arena atau venue ajang PON ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Di samping meresmikan Istora Papua Bangkit Jokowi juga meresmikan enam gedung fasilitas lainnya. Antara lain, Arena Akuatik, Arena Panahan, Arena Kriket, Arena Hoki (dalam dan luar ruangan), Arena Sepatu Roda, dan Arena Dayung.

"Setelah mampu membangun venue-venue yang baik ini, pekerjaan kita belum selesai. Tugas selanjutnya yaitu menjaga, merawat, dan memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

“Manfaatkan venue ini sebagai tempat penjaringan bibit unggul olahraga, pembinaan para atlet Papua untuk semakin berprestasi baik di tingkat nasional maupun di tingkat dunia," pungkas Jokowi.

BERITA TERKAIT