test

Suara Pilkada

Rabu, 6 Oktober 2021 13:20 WIB

Dinkes DKI Akan Tracing Atlet PON Papua yang Kembali ke Jakarta

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Tracing guna mencegah penyebaran Covid-19. (Foto : Dok PMJ).

PMJ NEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta akan melakukan tracing kepada kontingen atlet dari DKI yang bertanding pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX setelah tiba di Jakarta. Upaya tersebut dilakukan sebagai antisipasi usai 5 atlet DKI dikonfirmasi terpapar virus Covid-19 di Jayapura dan Timika.

"Prinsipnya sama saat kami menemukan adanya kasus aktif. Pasti yang memiliki kontak erat akan ditracing, dihubungi dan dipantau lebih dulu," ujar Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2) Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia, Selasa (5/10/2021).

Dwi lantas mengungkap saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI terkait data atlet yang sempat kontak erat dengan 5 atlet positif Covid-19.

Atlet dengan kontak erat tersebut akan diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Sementara untuk atlet lainnya juga tetap diarahkan untuk isolasi mandiri sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus.

"Semuanya harus dikarantina secara mandiri, dan dipastikan untuk bisa kooperatif saat dihubungi petugas untuk proses tracing," terangnya.

Sebelumnya diketahui, lima atlet kontingen DKI Jakarta yang bertanding dalam PON XX Papua terpapar Covid-19. Dengan rincian, dua dari atlet softball dan sepatu roda di Jayapura dan tiga lainnya berasal dari cabang olahraga judo serta basket yang terpapar di Timika.

Saat ini, kelima atlet tersebut tengah menjalani isolasi di tempat berbeda yakni di salah stau rumah sakit swasta di Jayapura dan RSUD Timika.

BERITA TERKAIT