test

News

Senin, 11 Oktober 2021 17:20 WIB

Kemenag: Rekrutmen NII di Garut Dilakukan Melalui Bentuk Pengajian

Editor: Ferro Maulana

Staf Khusus Menteri Agama Mohammad Nuruzzaman. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Beberapa masyarakat di Garut diduga telah direkrut masuk dalam organisasi Negara Islam Indonesia (NII). Rekrutmen tersebut di antaranya dilakukan melalui bentuk pengajian. 

Staf Khusus Menteri Agama Mohammad Nuruzzaman menjelaskan, doktrin yang dilakukan NII antara lain menganggap NKRI tidak sesuai dengan ajaran Islam (thogut).

“Kami memang mendapat informasi terkait rekrutmen tersebut. Dan polanya melalui pengajian. Ini sedang kita kaji dan dalami,” terang Mohammad Nuruzzaman di Jakarta, Senin (11/10/2021). 

Menurut Nuruzzaman, pihaknya juga sudah menerjunkan tim Badan Litbang dan Diklat untuk berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Jawa Barat. 

Tujuannya, yaitu melakukan kajian terkait aktivitas rekrutmen NII dalam pengajian masyarakat di Garut. 

“Hasil kajian ini nantinya akan disampaikan juga kepada Polri, Kemendagri, dan Kemenkopolhukkam untuk ditindaklanjuti sesuai kewenangannya,” urainya melanjutkan. 

Selain itu, Kemenag juga melakukan pendampingan kepada sejumlah masyarakat yang telah menjadi korban baiat. 

Warga itu harus diberikan edukasi dan pencerahan terkait relasi agama dan negara, serta pentingnya penguatan moderasi beragama.

Berikutnya, lanjutnya, Kemenag juga terus melakukan upaya dan langkah dalam penguatan moderasi beragama yang saat ini menjadi salah satu program prioritas.

BERITA TERKAIT