test

News

Rabu, 13 Oktober 2021 09:07 WIB

Buka Pariwisata, Pemerintah Terapkan Skrining Ketat Bagi Turis Asing

Editor: Hadi Ismanto

Turis mancanegara yang tengah berlibur di Indonesia. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS - Pemerintah rencananya akan kembali membuka sektor pariwisata bagi wisatawan mancanegara (wisman) di beberapa daerah. Salah satunya penerbangan internasional melalui Bandara Ngurah Rai Bali yang dibuka pada 14 Oktober mendatang.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut pemerintah tentunya akan menerapkan skrining pelaku perjalanan internasional secara ketat dan hati-hati untuk mencegah terjadinya penularan kasus.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga akan melakukan simulasi sebelum pembukaan perjalanan internasional nantinya benar-benar dibuka.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto : PMJ/Dok BNPB).
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto : PMJ/Dok BNPB).

"Pemerintah akan melakukan simulasi dalam beberapa hari ini sebelum resmi dibuka pada 14 Oktober mendatang. Skrining pelaku perjalanan internasional dilakukan secara ketat dan penuh kehati-hatian," ungkap Wiku saat konferensi pers, Selasa (12/10/2021).

Lebih lanjut, terkait penerapan masa karantina yang dipangkas menjadi lima hari, Wiku menyebut hal itu didasari pada persyaratan administratif yang ketat seperti bukti vaksinasi dosis penuh, asuransi kesehatan, dan juga bukti pemesanan akomodasi karantina.

"Khusus terkait karantina pelaku perjalanan internasional akan diawasi oleh kantor kesehatan pelabuhan dan juga Satgas Covid-19 daerah setempat," tukasnya.

BERITA TERKAIT