test

News

Jumat, 15 Oktober 2021 11:20 WIB

Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Pemerintah telah memiliki persiapan yang jauh lebih baik dalam mengantisipasi Covid-19 gelombang ketiga pasca-libur panjang akhir tahun. Persiapan ini dilakukan berdasarkan pengalaman dari gelombang kedua pada Juli lalu.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Kamis (14/10/2021).

"Kalau oksigen ini kan sudah kita tambah, bahkan kita tambah generator. Banyak hal yang kemudian dipastikan kebutuhan oksigen kalau dia bisa meningkat misalnya berkali-kali lipat," ungkap Nadia.

"Kita tentunya berharap tidak terjadi peningkatan kasus seperti di bulan Juli. Jadi kita berusaha tetap menekan kasus tersebut, walaupun kalau ada peningkatan, pasti akan kita upayakan dan mengendalikan," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Nadia juga memastikankan stok obat-obatan aman. Begitu juga dengan fasilitas kesehatan seperti ruang perawatan atau isolasi terpusat. Semuanya, kata dia, dalam posisi tersedia.

"Kalau obat kan pasti kita sekarang stoknya cukup. Tapi kemudian obat juga sudah ganti kan, favipiravir, bukan lagi oseltamivir. Telemedicine juga sudah ada mekanismenya, telemedicine yang dengan IDI dengan asosiasi telemedicine, jadi sudah ada sistemnya," terangnya

Kendati begitu, Nadia berharap tidak terjadi lonjakan kasus seperti di bulan Juli lalu. Karena itu, pemerintah tetap akan memantau dan mengantisipasi terjadinya peningkatan.

"Kita tentunya berharap tidak terjadi peningkatan kasus seperti di bulan Juli. Kita tetap antisipasi kok gelombang ketiga. Kalau dibandingkan Juli kita antisipasinya jauh lebih banyak," tukasnya.

BERITA TERKAIT