test

News

Rabu, 20 Oktober 2021 16:35 WIB

Kapolri Minta Jajarannya Siapkan Langkah Antisipasi Bencana Alam

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan arahaan. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajarannya agar menyiapkan sejumlah langkah antisipasi terhadap bencana alam yang berpotensi terjadi di Indonesia.

Langkah utama yang harus ditempuh menurutnya yakni dengan berkoordinasi bersama pemerintah daerah (Pemda) dan pihak terkait lainnya, termasuk ke Mabes Polri secara lebih intens.

"Koordinasi sedari awal dengan Pemda dan BNPB untuk menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi bencana. Seperti proses evakuasi, pembangunan tenda pengungsian hingga pendistribusian bantuan terhadap masyarakat yang terdampak. Ini tolong dilakukan mulai dari sekarang," kata Sigit dalam keterangannya, Rabu (20/10/2021).

Mantan Kapolda Banten itu juga ingin jajarannya menguatkan sinergitas dengan TNI agar lebih sigap dalam melakukan antisipasi bencana. Seperti halnya dalam pengerahan personil, mendistribusikan bantuan dan menyiapkan layanan kesehatan.

"Silakan koordinasikan hal-hal yang perlu disampaikan ke Mabes Polri, sehingga nanti ada bantuan back up secara dini Brimob, kemudian juga dari Kapusdokkes untuk memberikan layanan kesehatan. Tolong dicek, sehingga saat terjadi bencana kita siap," terangnya.

Untuk memperkuat langkah tersebut, Sigit ingin jajarannya juga membentuk Satgas Siaga Darurat bersama dengan stakeholder lainnya dalam mengantisipasi bencana kedepan.

Nantinya, melalui satgas tersebut seluruh jajaran akan mendapatkan pelatihan penanganan bencana seperti tim SAR hingga DVI.

"Akan ada pelatihan pemantapan anggota dalam penanggulangan bencana alam seperti tim SAR darat, laut, kemudian pendampingan psikologi, tim DVI dan lain sebagainya," pungkasnya.

BERITA TERKAIT