test

News

Selasa, 2 November 2021 16:05 WIB

Wapres Minta Perguruan Tinggi Bekali Mahasiswa Berpikir Kritis

Editor: Ferro Maulana

Wapres KH Maruf Amin. (Foto: Instagram Maruf Amin)

PMJ NEWS -  Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin meminta perguruan tinggi membekali mahasiswa agar berpikir kritis dalam menyikapi arus informasi.

Namun, pemikiran kritis itu juga berpegang teguh pada akidah dan akhlak.

“Perguruan Tinggi sebagai tahap akhir pendidikan formal harus berpegang teguh terhadap akidah, akhlak, dan ilmu pengetahuan,” terang KH Ma’ruf, Selasa (2/11/2021).

KH Ma'ruf melanjutkan, salah satu bekal penting yang diberikan yaitu sikap kritis melalui penguatan moral dan karakter. Menurutnya, pendidikan karakter tidak bisa lepas dari agama.

“Pendidikan karakter tidak bisa dilepaskan dari agama sebagai sumber pembentukan etika-moral, baik yang berupa sifat-sifat yang berdimensi moral,” tuturnya.  

“Seperti sifat jujur, adil dan toleran, maupun sifat-sifat yang berdimensi kinerja seperti kreatif, inovatif dan kerja keras,” ungkapnya.

KH Ma'ruf melanjutkan, pembangunan moral dan karakter membutuhkan langkah yang konsisten. Sehingga, pembekalannya harus ditanamkan sejak dini.

“Membangun karakter tidak dapat dilakukan secara instan. Tetapi harus dilatih dan dibina secara terus menerus. Sehingga tumbuh nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta kepada tanah air, serta harus dimulai sejak dini,” tandasnya.

BERITA TERKAIT