test

News

Sabtu, 6 November 2021 18:13 WIB

Wapres Berharap Panglima TNI Baru Lanjutkan Bangun Kondusivitas Papua

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin berharap Panglima TNI yang baru dapat melanjutkan langkah-langkah Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam membangun kondusivitas keamanan di Papua.

Pernyataan tersebut disampaikan Wapres Ma'ruf Amin seusai meninjau Tugu MacArthur di Jayapura, Papua, Sabtu (6/11/2021).

"Tentu kita berharap Panglima yang baru nanti, akan meneruskan langkah-langkah Panglima yang lama, dalam membangun kondusivitas keamanan di Papua dan lebih mempunyai pendekatan-pendekatan yang tentu lebih baik lagi," jelas Mar'uf Amin.

Dengan konsep pendekatan yang dilakukan Panglima TNI baru nanti, diharapkan intensitas gangguan keamanan di Papua dapat semakin menurun.

"Saya yakin Panglima yang baru itu punya konsep-konsep yang mungkin lebih memiliki pendekatan yang lebih baik lagi. Kita harapkan begitu," ujarnya.

Ma'ruf menilai Panglima TNI saat ini juga telah menerapkan konsep dan langkah yang baik. Termasuk, langkah-langkah yang lebih humanis dengan tetap mempertahankan semangat perlindungan dan penegakan HAM.

"Tapi berdasarkan apa yang sudah dilakukan, saya harap ada langkah-langkah strategis yang lebih baik lagi nanti dalam menangani keamanan di Papua," ucapnya.

"Tentu lebih humanis, tapi tidak kehilangan semangat untuk perlindungan. Humanis, tetapi perlindungan dan penegakan HAM harus tetap dijaga," sambungnya.

Menurut Ma'ruf, saat ini pembangunan Papua memerlukan harmonisasi bidang kesejahteraan dan keamanan. "Pembangunan ini tidak akan bisa berjalan kalau keamanan tidak terkendali (dan) tidak kondusif," tukasnya.

BERITA TERKAIT