test

Kesehatan

Kamis, 11 November 2021 10:05 WIB

Hindari, Lima Makanan Ini Bisa Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Meski menyegarkan, minum soda sebaiknya dihindari. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Makanan bergizi seimbang sangat penting untuk membangun sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Makanan kaya protein sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Sebaliknya, ada juga makanan yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Kamis (11/11/2021), berikut beberapa makanan dan minuman yang berpengaruh terhadap penurunan imunitas.

1. Soda
Sirup jagung fruktosa tinggi dalam bentuk soda telah terbukti meningkatkan penanda inflamasi khususnya dalam konteks diet tinggi kalori. CRP, nilai laboratorium umum yang menilai peradangan sistemik, ditemukan meningkat pada kelompok peminum soda.

Selanjutnya, meminum soda membuatnya lebih mudah untuk mengonsumsi kalori secara berlebihan sehingga meningkatkan resiko peradangan.

"Terlalu banyak gula olahan dapat memengaruhi kekebalan dengan meningkatkan penanda peradangan dalam tubuh," ujar pemilik Sound Bites Nutrition, Lisa Andrews.

2. Alkohol
Alkohol dikenal mengganggu sistem kekebalan tubuh. Alkohol diperlakukan sebagai racun dalam tubuh dan membutuhkan sumber daya yang signifikan untuk diproses dan dikeluarkan dari sistem tersebut.

Alkohol juga mampu menurunkan kualitas tidur Anda. Dengan demikian, memengaruhi kemampuan Anda untuk melawan pilek dan virus pada hari berikutnya. Alkohol juga dapat merusak usus, mengubah mikrobioma usus, dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

"Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengganggu sistem kekebalan dan merusak kemampuan tubuh untuk bertahan melawan infeksi," kata Profesor di Boston University, Joan Salge Blake.

3. Makanan Cepat Saji
Dunia barat mendapat reputasi buruk karena kualitas makanan mereka. Para peneliti mengamati peradangan sistemik pada tikus ketika diberi makanan standar barat.

Salah satu ciri khas budaya barat adalah makanan cepat saji. Kombinasi makanan yang digoreng, tepung olahan, dan gula tambahan berkontribusi pada diet berkalori tinggi yang merusak sistem kekebalan tubuh.

"Penelitian di Jerman menemukan banyak makanan cepat saji dapat menyebabkan sistem kekebalan bertindak seolah-olah merespons infeksi bakteri yang dapat mempercepat perkembangannya arteriosklerosis dan diabetes," kata Penulis The Nourished Brain, Cheryl Mussatto

4. Minyak Omega-6
Asam lemak omega 6 adalah jenis lemak yang mungkin terkait dengan penurunan kekebalan, khususnya ketika dikonsumsi secara berlebihan. Minyak ini biasanya datang dalam bentuk proses berlebihan dan umumnya dapat dianggap kualitas yang lebih rendah.

Untuk kesehatan kekebalan tubuh, fokus pada keseimbangan asam lemak omega-3 hingga omega-6 dibandingkan menghilangkan minyak ini dari makanan Anda.

5. Protein Hangus
Daging hangus menghasilkan senyawa yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) yang meningkatkan stres oksidatif. Makanan yang mengandung senyawa ini dikaitkan dengan kesehatan kekebalan yang lebih buruk dan kanker usus besar .

"Batasi daging hangus dan kurangi asupan daging olahan sebanyak mungkin. Contohnya termasuk daging olahan yang hangus seperti hot dog, bacon, dan unggas kulit," jelas ahli diet Jacqueline Gomes.

BERITA TERKAIT