test

Kesehatan

Jumat, 12 November 2021 10:05 WIB

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Asam Urat

Editor: Hadi Ismanto

Nyeri pada persendian biasanya menjadi gejala umum penyakit asam urat. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Penyakit asam urat umumnya ditandai dengan nyeri di area persendian yang muncul secara tiba-tiba dan berlangsung cukup lama. Terkadang, rasa nyeri tersebut disertai dengan bengkak, kemerahan, dan sensasi hangat di bagian sendi yang terdampak.

Salah satu penyebab meningkatnya kadar asam urat dalam darah adalah konsumsi makanan mengandung purin. Nah, untuk mencegah rasa tidak nyaman akibat gejala yang ditimbulkan, penderita asam urat tinggi wajib membatasi konsumsi makanan tinggi purin.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/11/202), berikut ini adalah beberapa jenis makanan pantangan asam urat yang harus dibatasi konsumsinya atau sebisa mungkin dihindari.

1. Jeroan
Penderita asam urat disarankan untuk menghindari konsumsi jeroan, seperti hati, babat, usus, dan organ bagian dalam hewan lainnya. Jenis makanan tersebut diketahui memiliki kandungan purin tertinggi.

2. Makanan Laut atau Seafood
Bila Anda menderita asam urat, dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan laut mulai dari sekarang sebab makanan tersebut kaya akan purin.

Beberapa jenis makanan laut yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat tinggi adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, tuna, kembung, tiram, udang, lobster, atau kepiting.

3. Sayuran
Beberapa sayuran memiliki kadar purin tinggi di antaranya bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, dan jamur. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi.

Artinya, risiko terkena penyakit asam urat atau kemungkinan kambuh kembali cukup rendah. Meski begitu, Anda disarankan untuk tetap membatasi jumlah konsumsi beberapa jenis sayuran tersebut.

4. Minuman Alkohol
Beberapa jenis minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jenis minuman beralkohol yang paling sering memicu munculnya serangan asam urat adalah bir.

Bir diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi. Meski demikian, akan lebih baik bila konsumsi minuman beralkohol lain, seperti vodka maupun wiski, juga sebaiknya dibatasi atau dihindari.

Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin adalah anggur. Namun, kadar purinnya tidak terlalu tinggi.

5. Daging
Kandungan purin dalam kelompok makanan ini masih tergolong sedang. Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, atau daging kambing yang semuanya tanpa lemak, maksimal 100 gram setiap harinya.

BERITA TERKAIT