test

Kesehatan

Senin, 15 November 2021 10:05 WIB

Tak Disangka, Lima Makanan Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah

Editor: Hadi Ismanto

Gangguan hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa berakibat fatal. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang.

Makanan penurun tekanan darah tinggi dengan cepat dan aman sangat beragam. Seperti dilansir laman Healthline, Senin (15/11/2021), berikut makanan penurun tekanan darah tinggi.

1. Pisang
Pisang mengandung banyak potasium, mineral yang memainkan peran penting dalam mengelola hipertensi. Satu pisang berukuran sedang berisi sekitar 422 miligram kalium.

Menurut American Heart Association, potasium mengurangi efek natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah.

Orang dewasa harus mengonsumsi 4.700 miligram potasium setiap hari. Orang dengan penyakit ginjal harus berbicara dengan dokter mereka tentang potasium, karena terlalu banyak bisa berbahaya.

2. Salmon dan Ikan Berlemak Lain
Ikan berlemak adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat kesehatan jantung yang signifikan. Penelitian telah menghubungkan asupan yang lebih tinggi dari ikan berlemak kaya omega-3 untuk menurunkan tingkat tekanan darah.

Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oxylipins.

3. Buah Berry
Blueberry dan stroberi mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, sejenis flavonoid. Peneliti melakukan studi besar dengan lebih dari 34.000 orang dengan hipertensi.

Ditemukan bahwa mereka yang memiliki asupan antosianin tertinggi terutama dari blueberry dan stroberi, memiliki penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8 persen, dibandingkan dengan mereka yang asupan antosianinnya rendah.

4. Biji Labu
Biji labu merupakan sumber nutrisi terkonsentrasi yang penting untuk mengontrol tekanan darah, termasuk magnesium, potasium, dan arginin, asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat.

Kandungan ini penting untuk relaksasi pembuluh darah dan pengurangan tekanan darah. Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian pada 23 wanita menemukan bahwa suplemen dengan 3 gram minyak biji labu per hari selama 6 minggu menyebabkan penurunan tekanan darah tinggi yang signifikan, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

5. Bayam
Bayam mengandung nitrat yang tinggi. Ini juga sarat dengan antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Sup bayam juga menurunkan kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian pada 27 orang, mereka yang mengonsumsi 16,9 ons sup bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami pengurangan tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sup asparagus nitrat rendah.

BERITA TERKAIT