test

News

Jumat, 19 November 2021 11:00 WIB

Di Wilayah Ini Kamu Dapat Saksikan Gerhana Bulan Sebagian Tanpa Alat

Editor: Ferro Maulana

Gerhana bulan sebagian. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Gerhana Bulan Sebagian bakal terjadi pada Jumat (19/11/2021) malam. Namun, di Indonesia tidak semua wilayah bisa menyaksikan fenomena itu.  

Tetapi, bagi yang tinggal di wilayah yang bisa menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian tidak usah khawatir. 

Karena dalam menyaksaksikan Gerhana Bulan Sebagian tidak diperlukan alat bantu optik seperti Gerhana Matahari.

Bahkan, kamu juga dapat mengabadikan fenomena antariksa itu dengan bantuan kamera.

Melansir situs Edukasi LAPAN, kamu dapat mengabadikan Gerhana Bulan Sebagian menggunakan kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR), kamera ponsel mode pakar maupun CCD yang terhubung dengan teleskop serta gadget. 

Walaupun sebagian wilayah Indonesia seperti Sumatera, Kepulauan Riau (kecuali Kepilauan Natuna dan Anambas), Kabupaten Bangka Barat, Banten, DKI Jakarta, dan sebagian Jawa Barat tidak dapat menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian.

Meski begitu, wilayah-wilayah tersebut tetap bisa menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra yakni saat Bulan Masuk ke dalam penumbra Bumi.

Bagi kamu yang terbiasa mengamati Bulan Purnama tanpa menggunakan alat bantu optik apa pun, kamu akan menandai perbedaan mendasar antara Bulan Purnama biasa dengan Gerhana Bulan Penumbra.

Gerhana Bulan Penumbra akan lebih buram dan redup ketimbang Purnama pada umumnya.

Hal tersebut terlihat jelas saat diamati melalui kamera DSLR, kamera ponsel mode pakar, maupun kamera CCD, gambar hasil jepretan sudah diolah dengan parameter fotografi tertentu yang nilainya sama.

BERITA TERKAIT