test

News

Rabu, 24 November 2021 11:35 WIB

Jokowi Minta Kepala Daerah Antisipasi Ketidakpastian Global

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat memberikan keterngan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres).

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang di luar perkiraan dan berimbas ke segala sektor. Banyak hal-hal tidak terduga mengekor dibelakangnya seperti kelangkaan energi yang kini terjadi di sejumlah negara.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Negara saat memberikan sambutan Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021 di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (24/11/2021).

"Banyak juga negara yang mengalami kelangkaan kontainer, hingga distribusi barang jadi terganggu. Juga banyak negara mengalami kenaikan inflasi yang menakutkan semua negara," jelas Jokowi.

"Dan akhir-akhir ini banyak negara mengalami kenaikan harga produsen, yang nanti dikhawatirkan ini akan berimbas karena harga produsennya naik, nanti harga di konsumen juga akan ikut naik," sambungnya.

Menurut Jokowi, kondisi ketidakpastian global seperti itulah yang sering dia sampaikan kepada semua kepala daerah, kepala dinas. Dia meminta semuanya mampu menyiapkan antisipasi.

"Inilah sekali lagi kompleksitas masalah dan ketidakpastian, yang dikalkuasi dan dihitung-hitung itu kadang tidak ketemu," ucapnya.

Kompleksitas masalah yang terjadi kemudian saling kait-mengkait, sehingga menyebabkan ekonomi hampir di semua negara anjlok. Karenanya, Jokowi mendesak agar jajarannya siap menghadapi hak tersebut.

"Oleh sebab itu kita harus betul-betul kerja keras menyiapkan semuanya. Dan kuncinya hanya satu, kita bisa mengendalikan yang namanya pandemi Covid-19, hanya itu," tukasnya.

BERITA TERKAIT