News

Rabu, 24 November 2021 12:35 WIB

Jokowi Target 3-4 Tahun Indonesia Akan Mampu Produksi Mobil Listrik

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko WIdodo. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo menargetkan 3 hingga 4 tahun lagi Indonesia akan mampu memproduksi mobil listrik. Mobil listrik tersebut bakal dibuat dari integrasi industri di dalam negeri.

Menurut Jokowi, pemerintah mulai menghentikan ekspor material mentah. Antara lain, bijih nikel agar dapat diolah menjadi barang jadi atau setengah jadi di Tanah Air.

Kepala Negara melanjutkan ke depannya pemerintah siap melarang ekspor bauksit, tembaga, dan timah dengan tujuan membangun industri yang menghasilkan nilai tambah.

Harapan Jokowi, nantinya Indonesia bakal mampu memproduksi baterai lithium hingga mobil listrik dalam beberapa tahun ke depan.

"Di sini ada tembaga, nikel, besi baja, mengintegrasikan baterai lithium dijadikan lagi mobil listrik, nilai tambah bisa berlipat-lipat,” ungkap Jokowi dalam Rakornas Kementerian Investasi, Rabu (24/11/2021).

“Itu yang belum dilakukan dan itu akan kejadian insya Allah di 3-4 tahun lagi," tambahnya.

Masih dari keterangan Jokowi, pemerintah harus tegas melarang ekspor sumber daya alam (SDA) mentah ke luar negeri guna memaksa hilirisasi di Indonesia.

Jokowi menegaskan, dengan menjual barang jadi atau setengah jadi, nilai tambah yang bisa diraup bisa beberapa kali lipat.

Selain menekan neraca perdagangan, ia menyebut pemerintah juga bisa mendapat pendapatan tambahan dari royalti, pendapatan negara bukan pajak (PNBP), bea keluar, hingga PPN.

BERITA TERKAIT