test

Kesehatan

Jumat, 26 November 2021 10:05 WIB

7 Kebiasaan Harian yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Aktivitas sehari-hari berdampak pada kesehatan seseorang. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Setiap orang mempunyai kebiasaan sehari-hari. Sebagian dari kebiasaan tersebut mungkin tak menyehatkan, namun hal tersebut tampak biasa. Bila kebiasaan tak menyehatkan itu dilakukan secara terus-menerus, tentu bisa memicu masalah ke depannya.

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Jumat (26/11/2021), beberapa dokter membeberkan ada tujuh kebiasaan umum yang tampak biasa, namun perlu dijauhi karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

1. Membiarkan Haus
Hidrasi tubuh yang terjaga dengan baik bisa membantu menunjang ingatan tetap sehat, suasana hati tetap stabil, dan pikiran tetap termotivasi.

Selain itu, hidrasi tubuh yang baik juga dapat membuat kulit menjadi kenyal dan mempermudah racun di dalam tubuh keluar lebih optimal. Kekurangan asupan cairan dan dehidrasi dapat memunculkan efek yang sebaliknya.

2. Mengecek Ponsel Sesaat Setelah Bangun Tidur
Chief Medical Officer dari Better U, dr Sam Zand, menganjurkan setiap orang untuk menahan diri agar tidak langsung mengecek ponsel mereka ketika bangun tidur.

Coba luangkan waktu sejenak untuk latihan bernapas, meditasi, melakukan peregangan, menulis jurnal rasa syukur, atau mengatur niat. Menurut dr Zand, perubahan sederhana ini bisa membuat hari-hari berjalan dengan lebih baik.

3. Menyantap Makanan yang Sama Setiap Hari
Spesialis penyakit dalam dan anak, dr Simoni Baid, sangat tidak menganjurkan orang-orang untuk menyantap makanan yang sama setiap hari.

Dr Baid mengatakan, setiap orang perlu mengonsumsi jenis makanan yang ebragam dengan warna hingga tekstur yang bervariasi. Keberagaman ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dan mencegah masalah pencernaan seperti konstipasi dan kembung.

4. Olahraga Monoton
Salah satu bagian terpenting dalam menjaga kesehatan adalah berolahraga. Akan tetapi, melakukan jenis olahraga yang sama setiap hari dapat membuat tubuh rentan terhadap cedera.

Sebagai contoh, orang yang hanya melakukan lari bisa mengalami masalah nyeri lutut, sedangkan orang yang hanya melakukan yoga bisa mengalami kelemahan sendi. Lakukan kombinasi olahraga yang disukai sepanjang pekan agar mendapatkan variasi.

5. Melewati Makan
Banyak orang berpikir bahwa melewatkan waktu makan merupakan hal yang menyehatkan karena bisa memangkas asupan kalori. Padahal, tindakan ini justru akan memicu dampak yang sebaliknya.

"Dengan melewatkan jam makan, itu akan memperlambat metabolisme dan meningkatkan keinginan makan, jadi Anda kemungkinan akan makan berlebih kemudian," ujar pelatih kesehatan holistik dari Simply Virginia, Virginia Gruhler.

6. Menyantap Karbohidrat Bergula Saat Sarapan
Mengonsumsi makanan bergula pada pagi hari dapat membuat tubuh memasuki mode istirahat dan mencerna. Kondisi ini bisa menambah inflamasi di dalam sistem tubuh.

Dampaknya, pikiran dan tubuh akan melambat, lalu energi dan fokus akan berkurang. Sebagai menu sarapan, dr Zand lebih menganjurkan makanan rendah kalori yang seimbang seperti sayur, buah, atau kacang.

7. Bergosip
Saat seseorang fokus membicarakan orang lain, dia akan terjebak ke dalam pola pikir yang tidak sehat.

Dr Zand mengatakan, hal itu akan membuat pikiran lebih mudah terpengaruh oleh kecenderungan untuk membanding-bandingkan, rasa cemburu, dan kebencian. Lambat laun, rasa cinta dan syukur yang dapat menjadi koneksi kuat antarmanusia bisa memudar.

BERITA TERKAIT