test

News

Jumat, 26 November 2021 21:49 WIB

Pemkot Depok Dukung Pemberlakuan Ganjil Genap di Jalan Margonda Raya

Editor: Hadi Ismanto

Satu kamera ETLE kembali dipasang di JPO Jalan Margonda Depok. (Foto: PMJ News/Hadi).

PMJ NEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendukung pemberlakuan sistem ganjil genap di sepanjang ruas Jalan Margonda Raya. Hal ini untuk mengatasi kemacetan lalu lintas khususnya pada akhir pekan.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyebut pihaknya berkoordinasi dengan Polres Metro Depok untuk melihat efektivitas ganjil genap pada saat uji coba. Menurut dia, ini sepenuhnya kewenangan Polrestro Depok.

"Kami memberikan masukan kepada tim perencanaan ganjil genap ini dan terus membicarakan teknis sebelum uji coba digelar," jelas Idris kepada wartawan, Jumat (26/11/2021).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris. (Foto: PMJ News/Dok Net)
Wali Kota Depok, Mohammad Idris. (Foto: PMJ News/Dok Net)

Idris mengatakan, kajian terhadap ganjil genap di Depok sejatinya sudah berlangsung lama. Hal tersebut berdasarkan arahan dari Polda Metro Jaya ke Polrestro Depok yang memiliki kewenangan terkait lalu lintas.

"Kajian sudah tiga tahun kalau tidak salah, maka Polrestro Depok memberikan arahan agar segera dibuat keputusan menjalankan ganjil genap khusus roda empat. Pastinya kami dukung ganjil genap di Jalan Margonda untuk atasi kemacetan terutama di Sabtu dan Minggu," tuturnya.

Kendati uji coba, lanjut Idris, ganjil genap di Kota Depok masih dikaji terkait efektivitasnya. Pihaknya akan memantau kebijakan tersebut dapat membantu atau malah memperparah kemacetan.

"Namanya uji coba ini kan kajian secara teori kadang-kadang kurang tepat juga. Kita lihat nanti dan berharap ada masukan-masukan dari masyarakat, termasuk dari teman-teman media. Misalnya nanti ada titik yang terdampak ganjil genap," ungkapnya.

Sebelumnya, uji coba ganjil-genap akan digelar Polrestro Depok pada Sabtu dan Ahad 4-5 Desember 2021. Penerapan akan dilakukan untuk kendaraan roda empat atau mobil di Jalan Margonda, Kota Depok mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB.

BERITA TERKAIT