test

News

Senin, 29 November 2021 16:35 WIB

Imbas Unjuk Rasa Buruh, Polisi Tutup Jalan Menuju Istana Presiden

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Yeni)

PMJ NEWS -  Massa yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) berencana untuk menggelar unjuk rasa terkait dengan upah minimum provinsi (UMP) 2022 hari ini Senin (29/11/2021).

Imbas unjuk rasa tersebut, sejumlah arus lalu lintas ditutup sementara waktu, salah satunya yang mengarah ke Istana Presiden.

Selain itu, penutupan jalan juga terjadi di Gedung Sapta Pesona, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan para pengendara yang melintas di depan Gedung Sapta Pesona bakal dialihkan ke Budi Kemuliaan dan Medan Merdeka Selatan.

"Saat ini, jalur tersebut sudah ditutup. Termasuk di depan Sapta Pesona juga ditutup," jelas Sambodo.

Sebelumnya, Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto menyampaikan terdapat 1.499 personil yang dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa tersebut.

"Ada 1.449 personil gabungan TNI, Polri dan Pemda DKI Jakarta," tutur Setyo.

Diberitakan sebelumnya, aksi unjuk rasa tersebut merupakan kelanjutan dari aksi sebelumnya yang dilakukan pada 25 November 2021.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, para buruh menuntut penetapan UMP 2022 yang tidak sesuai dengan kondisi ekonomi dan inflasi di Indonesia.

Adapun penetapan UMP DKI Jakarta tahun 2022 dinilai sangat sedikit, yakni Rp4.452.724, jika dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp4.416.186.

BERITA TERKAIT