test

Kesehatan

Minggu, 5 Desember 2021 13:20 WIB

5 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki, Cegah Depresi Hingga Penyakit Jantung

Editor: Hadi Ismanto

Berjalan tanpa alas kaki ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Alas kaki seperti sandal atau sepatu penting untuk melindungi kaki dari kuman dan bakteri. Selain itu, tanpa alas kaki tentu kita khawatir kaki akan terluka karena menginjak bebatuan yang tajam.

Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa berjalan tanpa alas kaki ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti dilansir dari laman Stylecraze, Minggu (5/12/2021), berikut beberapa manfaat berjalan tanpa alas kaki.

1. Bantu Cegah Penyakit Jantung
Berbagai penelitian telah menjelaskan efek fisiologis berjalan tanpa alas kaki (grounding) dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular (jantung). Mereka juga menunjukkan penurunan tingkat kekentalan darah, efek yang dapat menurunkan hipertensi.

2. Bantu Lawan Peradangan
Pada saat berjalan tanpa alas kaki, kontak kulit dengan permukaan bumi memudahkan penyebaran elektron dari bumi ke tubuh manusia. Elektron ini memasuki tubuh melalui titik akupunktur tertentu dan selaput lendir (berada tepat di bawah kulit).

Antioksidan dalam tubuh kita terbuat dari elektron, yang membantu menetralkan radikal bebas dan akhirnya melawan peradangan.

3. Bikin Tidur Lebih Nyenyak
Berjalan tanpa alas kaki juga bisa membuat tidur lebih nyenyak. Elektron bumi menyebar ke tubuh Anda dan menyebabkan beberapa perubahan psikologis yang bermanfaat, termasuk meningkatkan kualitas tidur setiap malam.

Selain itu, berjalan tanpa alas kaki juga membantu menormalkan ritme biologis pada siang dan malam. Ini membantu Anda rileks dan tidur lebih nyenyak.

4. Bantu Lancarkan Peredaran Darah
Ketika seseorang berjalan tanpa alas kaki, otomatis menggunakan otot tambahan pada kaki dan tungkai yang berfungsi mengirimkan sinyal ke otak dan membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Menggunakan otot tambahan ketika berjalan tanpa alas kaki dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

5. Redakan Stres dan Depresi
Sebuah penelitian mengungkap bahwa berjalan tanpa alas kaki di rumput membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62 persen. Berjalan dengan bertelanjang kaki meningkatkan kadar endorfin sehingga memunculkan perasaan bahagia.

BERITA TERKAIT