test

Kesehatan

Selasa, 7 Desember 2021 10:05 WIB

5 Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan, Ampuh Redakan Flu Hingga Demam

Editor: Hadi Ismanto

Daun Sambiloto ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: Kolase PMJ News).

PMJ NEWS - Indonesia kaya akan tanaman yang dapat mengobati beragam penyakit, salah satunya Sambiloto. Tumbuhan herbal ini sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional.

Tanaman dengan bahasa latin Andrographis paniculata ini mengandung zat aktif yang disebut andrografolida. Zat yang terdapat pada bagian batang dan daun tanaman sambiloto ini memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga kaya akan kandungan antioksidan seperti saponin, terpenoid, tannin, dan flavonoid. Berkat kandungan zat kimia berbagai zat kimia di atas, sambiloto kerap dimanfaatkan untuk memelihara dan menjaga kesehatan tubuh.

Sepeti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/12/2021), berikut sederet manfaat Sambiloto bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Sambiloto dapat memperbaiki dan merangsang kinerja sel-sel darah putih, sehingga dapat lebih efektif melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi.

Selain itu, ekstrak sambiloto juga dapat meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam mendeteksi dan membasmi sel-sel kanker di dalam tubuh.

2. Meredakan Gejala Flu
Beberapa riset menunjukkan sambiloto bermanfaat untuk meredakan gejala flu seperti bersin-bersin, nyeri tenggorokan, demam, dan batuk pilek, serta mempercepat proses pemulihan flu.

Manfaat ini berasal dari kandungan zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antivirus. Untuk memaksimalkan manfaat sambiloto tersebut, Anda bisa memilih suplemen sambiloto yang dikombinasikan dengan ginseng.

3. Meredakan Demam
Daun sambiloto merupakan salah satu obat pereda demam alami. Ini berkat efek antiradang, antibakteri, dan antivirus yang terdapat di dalam tumbuhan tersebut.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Tanaman sambiloto yang dikonsumsi sebagai jamu, teh herbal, atau suplemen juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah, Tanaman ini dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga melancarkan aliran darah dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi sambiloto, apabila sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan sambiloto bisa menimbulkan efek samping berupa penurunan tekanan darah secara drastis.

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Selain beberapa manfaat di atas, tanaman sambiloto juga diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker. Beberapa riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak sambiloto terlihat dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Meski demikian, belum ada riset yang dapat membuktikan efektivitas tanaman herba ini sebagai obat kanker.

BERITA TERKAIT