test

Kesehatan

Rabu, 8 Desember 2021 10:05 WIB

5 Tips Bepergian Aman di Masa Kemunculan Varian Omicron

Editor: Hadi Ismanto

Berlibur ke pantai memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Libur Natal dan Tahun Baru biasanya menjadi waktu yang tepat untuk bepergian bersama keluarga. Sayangnya, di masa liburan tahun ini muncul varian SARS-CoV-2 baru, omicron yang dilaporkan cepat menular.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) mengungkapkan, varian omicron kemungkinan mampu menyebar lebih mudah dibandingkan SARS-CoV-2 orisinal.

Tapi Anda tidak perlu khawatis, berikut lima upaya yang dapat membantu membuat momen bepergian Anda lebih aman dan menyenangkan di tengah kemunculan varian omicron, seperti dilansir dari laman Today, Rabu (8/12/2021).

1. Cari Tahu Status Covid-19 di Tempat Tujuan
Salah satu dokter di AS, dr John Torres mengatakan kunci dari bepergian yang aman pada situasi saat ini adalah bersikap sefleksibel mungkin. Penting bagi setiap orang selalu memantau situasi Covid-19 di tempat tujuan.

2 Lakukan Vaksinasi Sebelum Bepergian.
Opsi terbaik adalah vaksinasi sebelum bepergian. Bila memungkinkan, tambahkan pula dengan booster untuk mendapatkan perlindungan optimal. Booster dapat membantu meningkatkan efektivitas vaksin yang sudah didapatkan sebelumnya.

3. Lakukan Tes Covid-19 Sebelum Bepergian
Melakukan tes rapid Covid-19 sebelum bepergian dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap jalannya liburan. Meski hanya berlaku dalam jangka waktu yang pendek, hasil tes dapat membantu memberikan gambaran dan mencegah terjadinya penyebaran.

4. Jangan Lakukan Hal Berisiko
Meski tes Covid-19 menunjukkan hasil negatif, bukan berarti seseorang bisa berlaku seenaknya saat berpergian. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berada di mana pun. Pastikan masker tetap terpakai dan selalu jaga jarak.

"Jangan berpergian dan melakukan apa pun yang berisiko, jangan mendatangi pesta saat liburan," ujar dr Torres.

5. Pastikan Ventilasi Baik
Bila melakukan pertemuan dengan beberapa orang di dalam suatu bangunan atau di dalam rumah, pastikan ventilasi udara terjaga dengan baik.

Optimalkan aliran udara dengan membuka jendela dan pintu. Bila ada merasa sakit, penting untuk menjaga jarak aman dan menjauh.

BERITA TERKAIT