test

News

Jumat, 10 Desember 2021 09:08 WIB

Grand Final Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri Digelar Hari Ini

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Grand Final Lomba Orasi Unjuk Rasa memperebutkan Piala Kapolri. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS -  Acara grand final Lomba Orasi Piala Kapolri akan digelar hari ini. Acara yang akan dibuka Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabowo ini berlangsung di Tugu Proklamasi Jakarta dan disiarkan live di tvradio.polri.go.id dimulai pukul 09.00 WIB.

Seperti diketahui, Polri menggelar Piala Kapolri 2021 dalam momentum Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia yang diperingati setiap 10 Desember. Perlombaan yang digelar yakni orasi unjuk rasa.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menerangkan lomba orasi ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi masyarakat yang akan memberikan aspirasi. Tak hanya itu, gelaran lomba ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara menyampaikan aspirasi sesuai hukum yang berlaku.

Persiapan acara Lomba Orasi Piala Kapolri. (Foto: PMJ News)
Persiapan acara Lomba Orasi Piala Kapolri. (Foto: PMJ News)

"Memberikan wadah atau ruang bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/11/2021) lalu.

"Adapun tema yang diusung adalah 'Memperingati Hari Hak Asasi Manusia'. Sementara, sub tema acara tersebut bersifat bebas, atau dengan kata lain, peserta nantinya dibebaskan untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik ataupun masukan yang membangun," ucapnya.

Dedi menuturkan gelaran lomba orasi unjuk rasa ini merupakan bentuk komitmen Polri menghargai hak asasi manusia dalam menyampaikan pendapat. Hal itu, kata Dedi, terjamin dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 28 dan UU Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

"Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum," ujar Dedi.

Dedi menyebut pemenang juara pertama akan diberi hadiah senilai Rp50 juta. Kemudian, Rp30 juta untuk juara kedua dan Rp20 juta bagi peserta juara ketiga.

"Setelah melewati proses penyaringan di tingkat Polda, nantinya pada tanggal 10 Desember peserta yang juara pertama di daerah akan tampil di tingkat pusat atau Mabes Polri," ungkap Dedi.

BERITA TERKAIT