test

News

Jumat, 10 Desember 2021 13:05 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen RI Majukan Demokrasi dan HAM

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi.. (Foto: Instagram Setkab)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia untuk terus memajukan demokrasi dan hak asasi manusia (HAM). Baik terhadap level kawasan maupun global. Komitmen tersebut diwujudkan dalam penyelenggaraan Bali Democracy Forum (BDF) untuk tahun ke-14.

Hal itu dikatakan Jokowi ketika berbicara pada Summit for Democracy 2021 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (9/12/2021).

"Ini adalah tahun ke-14 pelaksanaan Bali Democracy Forum. Ini adalah bentuk komitmen Indonesia memajukan demokrasi dan HAM di kawasan dan global,” tutur Jokowi, dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat (10/12/2021).

“Our commitment toward democracy goes beyond our borders," sambungnya.

Lanjut Kepala Negara, BDF adalah forum antar pemerintah untuk berbagi perspektif mengenai demokrasi tanpa saling menyalahkan.

BDF juga menjadi forum bertukar praktik terbaik bagaimana memperkokoh demokrasi dan mengelola tantangan yang dihadapi demokrasi.

"Kita yakin demokrasi adalah sebuah nilai universal. Namun aspirasi, nilai, dan kekhususan masyarakat perlu dipelihara. Ini adalah homegrown democracy,” tuturnya.

“BDF juga melibatkan pemuda, pebisnis, dan masyarakat sipil yang merupakan pilar penting demokrasi," lanjutnya.

Selain itu, Indonesia bersama negara ASEAN lainnya juga mendorong kemajuan demokrasi di kawasan Asia Tenggara.

Sebelumnya, Indonesia memotori pembentukan ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights dan secara konsisten wakil Indonesia dalam komisi tersebut adalah dari kelompok masyarakat madani.

Kemudian, Indonesia menjadi inisiator dari pelaksanaan ASEAN Human Rights Dialogue, sejenis Universal Periodic Review (UPR) di ASEAN.

Setelah hampir sembilan tahun terhenti, tahun ini dialog tersebut dihidupkan kembali oleh Indonesia.

BERITA TERKAIT