test

News

Kamis, 16 Desember 2021 11:35 WIB

Menkes Umumkan Pekerja Wisma Atlet Jadi Pasien Pertama Virus Omicron

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan pasien pertama di Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. Diketahui, virus tersebut pertama kali terdeteksi pada Rabu (15/12/2021).

"Saya ingin menginformasikan perkembangan terbaru, Kementerian Kesehatan semalam mendeteksi pasien dengan inisial N yang terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021," kata Budi dalam keterangan resminya, Kamis (16/12/2021).

N diketahui merupakan pembersih di Wisma Atlet, Jakarta Utara. Sejak tanggal 8 Desember 2021, pihak Wisma Atlet melakukan sample rutin yang dikirimkan ke Kementerian Kesehatan untuk Whole Genome Sequences (WGS).

"Kemudian kami terima pada 10 Desember dan terdapat tiga orang pekerja pembersih di Wisma Atlet yang positif Covid-19, tapi satu diantaranya positif Omicron," lanjutnya.

"Jadi terkonfirmasi tiga orang pekerja pembersih di Wisma Atlet positif Covid-19, dikirimlah hasil ke balitbangkes untuk WGS, hasilnya pada 11 Desember 2021, 1 dari 3 orang itu positif Omicron sementara dua lainnya tidak," jelas Budi.

Budi melanjutkan, ketiga pekerja itu tak memiliki gejala atau dalam kondisi sehat. Ketiganya juga menjalani karantina dan tes PCR untuk yang kedua kali dengan hasil negatif Covid-19.

"Ketiga pasien ini dikarantina di Wisma Atlet tanpa gejala, mereka juga sudah diambil tes PCR dengan hasil negatif semua," pungkasnya.

BERITA TERKAIT