test

News

Kamis, 16 Desember 2021 15:50 WIB

Omicron Masuk RI, Wapres Minta Seluruh Pemda Tingkatkan Kewaspadaan

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin pimpin rapat koordinasi mengenai penanganan pasca bencana di posko pengungsi korban letusan Gunung Semeru. (Foto: PMJ News/Instagram kyai_marufamin)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin meminta kepada pemerintah daerah agar menyiapkan langkah antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan pasca temuan pertama varian Omicron di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur dalam rangka peninjauan dan koordinasi mengenai penanganan pasca bencana di posko pengungsi korban letusan Gunung Semeru, di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro.

"Kita harus waspada ya, sejak awal kita sudah wanti-wanti jangan sampai seperti negara-negara lain, Eropa, bahkan juga India, juga Singapura. Semuanya itu kami tutup, jangan sampai masuk ke sini (Indonesia)," jelas Ma'ruf Amin, Kamis (16/12/2021).

Ma'ruf Amin pun mengingatkan kepada seluruh jajaran pemda untuk segera melakukan langkah antisipatif supaya varian tersebut tidak menyebar ke masyarakat di seluruh daerah. Selain itu, Wapres juga meminta percepatan vaksinasi kepada seluruh masyarakat di daerah.

"Semua pemda harus melakukan penyiapan untuk pencegahannya. Jangan sampai masuk ke daerah-daerah, antisipasi. Kita tidak ingin seperti (penularan varian) Delta lagi, vaksinasi terus disegerakan, dipercepat untuk masyarakat," tuturnya.

Sebelumnya, satu kasus Omicron terdeteksi pada seorang petugas RS Wisma Atlet yang tidak melakukan perjalanan dari luar negeri. Sedangkan dua orang suspek terdeteksi pada WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris.

Sementara tiga orang suspek lainnya merupakan warga negara asing (WNA) asal China yang melakukan kunjungan ke Manado, Sulawesi Utara.

"Kasus Omicron yang sudah kami konfirmasi satu dan lima kasus probable, itu terjadi di karantina," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

BERITA TERKAIT