test

Kesehatan

Kamis, 23 Desember 2021 10:05 WIB

5 Gejala Varian Omicron yang Baru Muncul Setelah 48 Jam

Editor: Hadi Ismanto

Penderita omicron. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Kasus infeksi virus Corona B.1.1.529 atau jenis varian Omicron terus bertambah di sejumlah negara. Karena itu, penting mengetahui gejala Omicron secara lebih spesifik karena menyerupai flu di musim hujan.

Strain Delta, Beta, dan Gamma menimbulkan gejala antara lima hingga 14 hari setelah infeksi. Namun, pakar kesehatan Inggris menyebutkan bahwa gejala Omicron dapat berkembang lebih awal.

Data baru juga menunjukkan bahwa gejala, seperti pilek banyak terdeteksi pada pasien Omicron. Ketika sering bepergian, maka ada baiknya untuk mengenali gejala Omicron yang biasanya baru muncul setelah 48 jam.

Seperti dilansir dari laman Dailyrecord, Kamis (23/12/2021). data terbaru yang diterbitkan pekan lalu oleh perusahaan ilmu kesehatan Zoe, mengungkapkan lima gejala Omicron teratas saat ini antara lain:

- Pilek
- Sakit kepala
- Kelelahan (baik ringan atau berat)
- Bersin
- Tenggorokan kering/gatal

Gejala Omicron kini berbeda dari beberapa gejala lain yang terkait dengan varian yang berbeda, seperti demam suhu tinggi, batuk terus menerus, dan kehilangan atau perubahan indera perasa atau penciuman.

Gejala lainnya yang kurang umum dilaporkan adalah hilangnya nafsu makan. Jika kita mengalami gejala apa pun, kita harus segera mengisolasi diri dan menjadwalkan tes PCR untuk memastikan apakah kita terinfeksi atau tidak.

Karena puluhan ribu orang mendapatkan vaksin booster, penting juga untuk membedakan antara efek samping vaksin dan terpapar Omicron. Sebab, mungkin saja ada beberapa gejala yang tumpang tindih.

BERITA TERKAIT