News

Kamis, 23 Desember 2021 07:48 WIB

Pengguna KRL Meningkat Jelang Nataru, KAI Tambah 1.005 Perjalanan Perhari

Editor: Ferro Maulana

Penumpang KRL Commuter Line mulai meningkat. (Foto: PMJ News/Hadi).

PMJ NEWS -  KAI Commuter melaporkan jumlah penggunaan KRL yang semakin meningkat pada awal periode layanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini. 

Seperti pada Senin (20/12/2021) lalu, volume pengguna KRL Jabodetabek mencapai 506.630 orang. 

Angka tersebut merupakan yang tertinggi selama 2021 dan menandai volume pengguna KRL yang bertahap sudah mencapai 500 ribu pengguna atau separuh dibanding jumlah yang biasa dilayani KAI Commuter sebelum pandemi Covid-19. 

Dengan peningkatan itu, pengguna diajak merencanakan perjalanannya secara lebih baik untuk terhindar dari kepadatan.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengungkapkan, tren volume pengguna yang semakin meningkat ini mulai terlihat sejak pekan ketiga Desember di mana volume pengguna KRL Jabodetabek pada hari kerja berkisar antara 470 ribu hingga 490 ribu pengguna per hari. 

"Setelah mencapai lebih dari 500 ribu pengguna pada Senin (20/12/2021), pada Selasa kemarin (21/12) volume pengguna tercatat 488.620 orang," ungkap Anne kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (22/12/2021). 

Adapun tren peningkatan volume pengguna ini sejalan dengan berbagai indikator data mobilitas masyarakat lainnya yang juga meningkat di akhir tahun ini. 

Peningkatan volume itu juga disumbang oleh para pengguna yang mulai kembali menggunakan KRL setelah beberapa waktu beraktivitas dari rumah dan pengguna musiman yang memanfaatkan waktu libur akhir tahun ini. 

"KAI Commuter mohon maaf atas ketidaknyamanan jika ada antrean penyekatan yang lebih panjang dari biasanya di stasiun," ucapnya.  

"Penyekatan tersebut dilakukan untuk menjaga jumlah pengguna yang dapat naik ke kereta. Edukasi mengenai pentingnya mengikuti antrean penyekatan ini terus kami lakukan seiring dengan meningkatnya volume pengguna KRL," tuturnya. 

Sebagai langkah antisipasi, KAI Commuter dalam beberapa waktu terakhir telah menambah jumlah perjalanan KRL secara bertahap. 

Pada masa layanan Nataru ini KAI Commuter mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL setiap harinya dengan 94 rangkaian KRL. Dari jumlah tersebut, 309 perjalanan melayani di jam sibuk pagi hari yaitu pukul 04.00-09.00 WIB dan 241 perjalanan melayani di jam sibuk sore danmalam hari pada pukul 16.00-20.00 WIB. 

Berdasarkan data KAI Commuter, volume pengguna juga masih terkonsentrasi hanya di jam-jam sibuk tersebut. 

Karena itu bagi masyarakat yang hendak menggunakan KRL di masa Nataru ini terutama untuk keperluan selain bekerja, KAI Commuter mengimbau untuk naik KRL di luar jam-jam sibuk, saat KRL masih cenderung kosong, dan belum ada penyekatan pengguna di stasiun. 

BERITA TERKAIT