test

News

Senin, 27 Desember 2021 11:35 WIB

Satgas IDI Pastikan Virus Covid-19 Varian Delmicron Adalah Hoaks

Editor: Ferro Maulana

Virus delmicron. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan varian Covid-19 Delmicron, yang merupakan gabungan antara varian Delta dan Omicron.

Terkait hal tersebut, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Zubairi Djoerban, menegaskan hal yang sama. Prof Zubair memastikan Delmicron bukanlah varian baru Covid-19. 

"Delmicron bukanlah varian baru dari virus Corona seperti Alpha atau Beta," tegasnya di Twitter.

Varian Delta diketahui sempat menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di banyak negara.

"Artinya, Delmicron cuma istilah yang mengacu pada situasi di mana Delta dan Omicron membuat lonjakan kasus di wilayah tertentu, kayak di Amerika. Di sana Omicron menyumbang 73 persen dari total kasus baru," lanjut Zubairi.

Para peneliti dan ahli juga memastikan kabar tersebut adalah berita bohong (hoaks).

Direktur Tata Institute for Genetics and Society, Bangalore India, Dr Rakesh Kumar Mishra, memastikan varian Delmicron tersebut tidak ada. 

"Delmicron adalah istilah yang menyesatkan (hoaks). Tidak ada varian baru dengan nama ini," tuturnya menegaskan, melansir Times of India, Senin (27/12/2021).

Di kesempatan yang sama, Dokter Rakesh melanjutkan, sangat jarang seorang pasien terinfeksi dua varian Covid-19 secara bersamaan.

"Sangat jarang orang yang sama mempunyai kedua varian. Dan, bahkan tidak tepat memberikan nama baru," sambungnya menegaskan.

Lebih jauh dirinya mengungkapkan, memang terdapat varian baru, Badan Kesehatan Dunia (WHO) siap memberi nama.

"Saat ini di beberapa negara, ada peningkatan kasus karena dua varian, Omicron dan Delta. Namun, itu bukan varian baru," jelasnya.

BERITA TERKAIT