test

News

Jumat, 31 Desember 2021 12:50 WIB

Mendagri: Daerah Harus Capai Target Vaksinasi 70 Persen Hingga Akhir Tahun

Editor: Hadi Ismanto

Satgas Madago Raya mempunyai kepedulian dalam pelaksanaan vaksinasi nasional Covid-19 dan bansos. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyatakan target vaksinasi secara nasional 70 persen hingga akhir tahun bertujuan untuk memproteksi atau melindungi masyarakat. Dia pun meminta daerah merealisasikan target itu sebelum pergantian tahun.

"Semua daerah harus mencapai target di atas 70 persen sampai akhir tahun," tegas Tito dalam keterangannya yang diterima Kamis (30/12/2021).

Menurut Tito, target vaksinasi nasional sebesar 70 persen secara umum telah tercapai. Namun, dia mengingatkan jangan sampai terjadi kesenjangan antar daerah dalam hal angka cakupan percepatan vaksinasi.

Mantan Kapolri ini menilai dengan meratanya cakupan vaksinasi di setiap daerah tentunya akan menunjang kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap Covid-19.

"Saya menggerakkan semua rekan-rekan kepala daerah agar semua bergerak, karena kita tidak ingin ada yang jomplang, ada yang tinggi (realisasi vaksinasi), ada yang rendah sekali, maka rata-ratanya akan menjadi beban," tuturnya.

Dia mencontohkan, salah satu provinsi yang capaian vaksinasinya belum mencapai target adalah Sumatra Barat yang masih di angka 67 persen. Mereka masih berusaha mengejar capaian vaksinasi 70 persen menjelang tutup tahun 2021.

BERITA TERKAIT