Fokus

Sabtu, 1 Januari 2022 17:33 WIB

Situasi Pergantian Tahun Kondusif, Sambut 2022 dengan Semangat Baru

Editor: Ferro Maulana

Tahun Baru 2022. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran menerangkan, situasi malam pergantian tahun  di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya berlangsung kondusif. 

Kerumunan masyarakat berhasil dicegah melalui pelbagai kebijakan salah satunya Crowd Free Night (CFN).

"Alhamdulillah malam ini situasi ibu kota secara umum terkendali dan aman. 11 titik Crowd Free Night berjalan dengan baik serta lancar," ucap Fadil, Sabtu (1/1/2022).

Fadil pun berharap DKI Jakarta tetap terkendali sampai beberapa hari ke depan. 

Keterangan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran. (Foto: PMJ News/ Yeni).
Keterangan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran. (Foto: PMJ News/ Yeni).

"Mudah mudahan sampai besok pagi situasi bisa kita kendalikan," sambungnya. 

Di kesempatan yang sama, Kapolda mengapresiasi kepada semua pihak yang telah bahu-membahu mengamankan malam pergantian tahun. 

Kerja sama semua pihak itu membuat Jakarta tetap aman, damai, dan sejuk.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat. Seluruh warga ibu kota dan wilayah hukum Polda Metro Jaya," tuturnya. 

"Wilayah aglomerasi yang telah bekerjasama dengan jajaran Polda Metro Jaya untuk menjaga Jakarta dalam kondisi yang tetap aman, damai, dan sejuk serta tetap sehat," urainya menutup pembicaraan. 

Malam Pergantian Tahun di Jakarta Kondusif

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan situasi wilayah ibu kota kondusif ketika perayaan malam Tahun Baru 2022. 

Keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: PMJ News/ Yeni).
Keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: PMJ News/ Yeni).

"Alhamdulilah kondisi kondusif dan Insya Allah akan kondusif sampai hari-hari ke depan," beber Anies di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Sabtu (1/1/2022). 

Anies pun mengapresiasi Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya yang selalu menjaga stabilitas keamanan di Jakarta. 

Dirinya juga mengapresiasi tempat-tempat hiburan, restoran, dan masyarakat yang mematuhi anjuran pemerintah agar tidak merayakan malam Tahun Baru.

"Kami apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat," ucapnya. 

Meski begitu, Anies mengaku menemukan sejumlah tempat kerumunan saat melakukan patroli. 

Tetapi, rata-rata kerumunan tersebut dipicu pengguna kendaraan bermotor. Petugas gabungan dari Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, dan tim Pemprov DKI Jakarta langsung memecahkan kerumunan.

"Jadi kita secara khusus memecah kerumunan-kerumunan yang terjadi walaupun masih di dalam kendaraan bermotornya," sambungnya. 

Memasuki tahun 2022, Anies berharap Jakarta semakin terbebas dari pelbagai bencana. Seperti, bencana alam maupun bencana nonalam seperti pandemi Covid-19.

"Insha Allah di tahun 2022 nanti kita bisa jadikan tahun ini tahun bangkit lebih kuat dan berlari lebih cepat," tandasnya. 

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Tahun Baru

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengucapkan "Selamat Tahun bBaru 2022". 

Presiden Jokowi memberikan arahan terkait masuknya varian Omicron ke Indonesia. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).
Presiden Jokowi memberikan arahan. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

Hal itu disampaikannya, melalui akun Instagram pribadinya dengan sebuah video berwarna biru.

Dalam unggahan terbaru akun Instagramnya, Jokowi menyampaikan bahwa tahun 2021 telah berlalu di tengah perjuangan masyarakat yang harus bangkit. 

Ia pun merinci mulai dari pandemi, resesi, dan ketidakpastian yang tinggi dalam video berlatar biru.

"Tahun 2021 telah berlalu bersama segenap ujian bagi bangsa ini. Ada pandemi, resesi, juga ketidakpastian yang tinggi," demikian tulis Jokowi, Sabtu (1/1/2022).

Lebih jauh, menurut Kepala Negara, hal tersebut menjadikan kekuatan yang menyatukan. 

Jokowi meminta untuk menyongsong tahun 2022 dengan semangat baru, bekerja untuk Indonesia Maju.

"Semua ujian itu telah menempa bangsa yang besar ini. Menguatkan kita. Menyatukan kita. Dengan tempaan itu, kita menyongsong tahun 2022 dengan semangat baru, bekerja untuk Indonesia Maju," pungkasnya. 

Ketua DPR Ajak Masyarakat Optimis Sambut Tahun Baru 2022

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani mengajak masyarakat untuk tetap semangat dan optimistis dalam menyambut tahun 2022.

Ketua DPR RI, Puan Maharani saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram @puanmaharaniri).
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram @puanmaharaniri).

“Tak terasa satu tahun telah berlalu, yang artinya sudah hampir dua tahun Indonesia menghadapi krisis Covid-19," ujar Puan, dalam siaran pers tertulisnya kepada wartawan. 

"Saya berharap masyarakat tetap optimistis bahwa kita bisa cepat keluar dari kondisi pandemi ini,” sambungnya. 

Menurut Puan, berbagai persoalan telah dihadapi Indonesia sepanjang tahun 2021. 

Bahkan, dirinya mengimbau masyarakat dan para pemangku kebijakan untuk introspeksi bersama mengenai lonjakan kasus hebat Covid-19 yang terjadi pada pertengahan tahun 2021 akibat varian Delta.

“Saat itu kondisi cukup memprihatinkan di mana rumah sakit penuh, sulitnya masyarakat mengakses pelayanan kesehatan, termasuk krisis oksigen dan obat-obatan," paparnya. 

"Banyak tenaga kesehatan tumbang dan korban meninggal pun tidak sedikit,” ucapnya. 

Ia bersyukur Indonesia bisa melewati badai tersebut dan saat ini kondisi pandemi Covid-19 sudah jauh lebih baik. 

Belajar dari situ, dia mengajak untuk terus waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak lagi terjadi lonjakan kasus.

Hal itu penting, karena Corona varian baru Omicron saat ini sudah masuk Indonesia. 

Meski begitu, Puan meminta masyarakat tidak perlu panik, tetap harus hati-hati dan bijaksana dalam menjalani keseharian untuk menghindari penyebaran Covid-19. 

“Pastikan diri dan keluarga terlindungi dari COVID-19. Salah satunya dengan mendukung program vaksinasi Pemerintah. Khususnya vaksinasi anak yang kini sudah mulai berjalan,” tegasnya. 

Puan kembali menuturkan, percepatan pemulihan ekonomi dan sosial sangat ditentukan kemampuan dalam mengantisipasi penyebaran pandemi. 

Di samping itu dalam memperkuat imunitas dan adaptasi tata sosial ekonomi masyarakat baru, yakni hidup dalam situasi ketidakpastian pandemi Covid-19.

“Karena itu, melalui fungsi konstitusional DPR RI ikut mengambil peran dan tanggung jawab dalam penanganan pandemi, bergotong royong bersama rakyat dalam membangun tata sosial dan ekonomi yang baru dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga dapat mempercepat pemulihan sosial dan ekonomi nasional,” urainya panjang lebar.n

Dalam fungsi pengawasan atas pelaksanaan APBN 2021 terkait kebijakan fiskal, DPR RI disebut fokus terhadap penanggulangan pandemi Covid-19, program pemulihan sosial dan ekonomi nasional, serta penyelesaian Program Strategis Nasional.

Masih dari penuturan Puan, anggaran program penanggulangan pandemi dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) diarahkan untuk penanganan kesehatan, perlindungan sosial, dan dukungan bagi dunia usaha.

Puan memastikan DPR RI akan terus bekerja semaksimal mungkin demi kepentingan rakyat. 

Dirinya mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi kerja pemerintah, lembaga eksekutif termasuk DPR, dan lembaga yudikatif.

“Selamat Tahun Baru 2022. Mari kita songsong tahun baru dengan semangat tinggi Indonesia bisa melewati segala badai yang ada," ucapnya. 

"Semoga di tahun yang baru, kita semakin lebih baik, dan rakyat semakin sejahtera sehingga Indonesia akan menjadi lebih hebat. Mari kita maju bersama,” tandasnya.

Waspada Puncak Arus Balik 

Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 bakal segera berakhir.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: PMJ News/Dok Kemenhub).
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: PMJ News/Dok Kemenhub).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik libur Nataru akan terjadi pada akhir pekan ini, Sabtu (1/1/2022) dan Minggu (2/1/2022).

Melihat kemungkinan adanya kepadatan, Kemenhub sudah mengambil langkah cepat untuk memperbanyak petugas yang mengatur keamanan dan kelancaran arus lalulintas.

Di samping menerjunkan petugas, pihak Kemenhub juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas di beberapa wilayah tertentu.

Menhub Budi Karya Sumadi pun menyampaikan beberapa imbauan terkait arus balik tersebut. 

Ia menyatakan bahwa puncak arus balik libur Nataru 2022 akan ada kenaikan volume kendaraan sebanyak lima persen.

Jumlah itu berdasarkan data yang diolah tim Kementerian Perhubungan dengan melihat perkembangan keluar dan masuknya kendaraan selama libur Nataru 2022.

Kemenhub akan memberi perhatian khusus ke beberapa wilayah dan Gerbang Tol (GT) antar daerah.

Gerbang Tol (GT) Kalikangkungatau, Gerbang kota Semarang menuju arah Jawa Barat dan Jakarta menjadi salah satu wilayah yang akan diawasi ketat.

Sedangkan, pengawasan ketat akan berlokasi di pusat pengendalian di kawasan Gerbang Tol Kalikangkung.

Rekayasa lalu lintas hanya akan dilakukan jika terlihat ada penumpukan kendaraan melalui CCTV.

Menhub Budi juga berharap masyarkat juga mematuhi semua upaya dari Kemenhub dan petugas gabungan agar perjalanan arus balik lancar.

BERITA TERKAIT