News

Senin, 3 Januari 2022 13:20 WIB

Berlakukan Contraflow Saat Nataru, Kakorlantas Sebut Lalin Lancar

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi saat memberikan arahan kepada anggotanya. (Foto: PMJ News/NTMC Polri).

PMJ NEWS - Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menerangkan arus lalu lintas saat puncak arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 berjalan dengan lancar.

Firman mengaku, peningkatan volume kendaraan sempat terjadi pada Minggu, 2 Januari 2021 pukul 15.00 WIB sampai 21.00 WIB. Namun, tak menimbulkan kemacetan lantaran penerapan contraflow.

"Kami menerapkan contraflow, yang dimulai dari KM 65 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek. Namun pemberlakuan ini menyesuaikan dengan kepadatan, sehingga bisa saja dibuka di KM 61, 57, serta 55 B menuju Jakarta," ujar Firman dalam keterangannya, Senin (3/1/2022).

Firman menerangkan, kebijakan contraflow ini sangat efektif dalam mengurai kepadatan kendaraan masyarakat yang kembali ke Jabodetabek usai berlibur selama Nataru.

"Contraflow ini sangat situasional diterapkannya, dengan tujuan membantu kelancaran masyarakat menuju arah Jakarta. Berdasarkan hasil pantauan GPS, ada beberapa titik yang diterapkan contraflow khususnya di jalur Cikampek. Di sana juga ada peningkatan walaupun semua sudah lancar," jelasnya.

BERITA TERKAIT