test

News

Jumat, 7 Januari 2022 09:40 WIB

Cegah Omicron, 25 WNA Dilarang Masuk ke Indonesia Melalui Bandara Soetta

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Bandara Soetta. (Foto: Instagram Polresta Soetta).

PMJ NEWS - Direktorat Jenderal Imigrasi menolak masuk 25 warga negara asing (WNA) dari berbagai negara ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, mulai periode 29 Desember 2021 sampai 3 Januari 2022. Langkah tersebut merupakan antisipasi dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 varian Omicron.

Adapun 25 WNA itu berasal dari 11 negara dengan rincian, 5 dari Inggris, 5 lainnya dari Filipina, dua WNA dari Amerika Serikat, dua dari Pakistan, satu dari Yaman, satu dari Australia, satu WNA dari Rusia, satu dari Korea Selatan, lima WNA berasal dari Nigeria, satu dari Pantai Gading, dan satu lainnya dari Bangladesh.

"25 orang itu ditolak dengan berbagai alasan, seperti tujuan kedatangan tidak jelas serta alasan keamanan," kata Subkoordinator Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Achmad Nur Saleh dalam keterangannya, Jumat (7/1/2022).

Kemudian berdasarkan data dari Ditjen Imigrasi Kemenkumham, 25 WNA yang ditolak mask tersebut diantaranya lima orang berasal dari negara dengan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron.

Sementara enam orang tidak sesuai kriteria Permenkumham 34/2021, serta delapan orang tidak jelas tujuannya dan pernah melakukan pelanggaran hukum.

"Hingga saat ini pembatasan masuk orang asing ke wilayah Indonesia masih berlaku. Adapun acuannya yaitu Permenkumham No. 34/2021 dalam rangka penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, serta surat edaran Satgas Covid-19 dalam rangka membendung penyebaran virus Covid-19 varian baru," jelasnya.

BERITA TERKAIT