test

News

Senin, 10 Januari 2022 13:35 WIB

BPOM Setujui Lima Jenis Vaksin untuk Program Vaksinasi Booster

Editor: Hadi Ismanto

Kepala BPOM Penny K Lukito. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan lima vaksin untuk program vaksinasi booster atau dosis lanjutan. Rencanannya, vaksin lanjutan ini akan mulai diberikan pada 12 Januari 2022.

Kepala BPOM, Penny K Lukito mengatakan kelima vaksin tersebut antara lain CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan Zifivax. Menurut dia, vaksin booster ini dibutuhkan untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

"Dalam hal ini ada lima vaksin yang telah mendapatkan EUA (emergency use authorization)," ujar Penny Lukito kepada wartawan, Senin (10/1/2022).

Penny menambahkan, program vaksin booster ini akan menyasar golongan warga lanjut usia (lansia) terlebih dahulu dan kelompok peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang akan mendapatkan booster secara gratis.

Menurut dia, pemberian rekomendasi vaksin booster Covid-19 ini sudah mendapat rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Persetujuan pemberian izin ini diberikan untuk skema homologus atau penyuntikan dosis ketiga dengan merek yang sama dengan dua dosis sebelumnya.

BERITA TERKAIT