test

News

Selasa, 11 Januari 2022 11:50 WIB

Menkes Sebut Gelombang Varian Omicron Cepat Naik Tapi Juga Cepat Turun

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Menkes Budi Gunadi Sadikin saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI. (Foto: PMJ News/YouTube TV Parlemen).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk tidak panik menghadapi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron. Budi menyebut pemerintah telah menyiapkan segala upaya, salah satunya pengetatan pintu masuk kedatangan.

"Kita harus menghadapi gelombang Omicron ini, jadi tidak usah panik. Sebab kita sudah mempersiapkan diri dengan baik," kata Budi usai Rapat Terbatas Evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Senin (10/1/2022).

Menurut Budi, berdasarkan data penelitian virus Covid-19 varian Omicron ini cepat menyebar namun juga cepat mengalami penurunan.

"Pengalaman menunjukkan bahwa walau kasusnya cepat naik, tapi gelombang Omicron ini juga turun dengan cepat," jelasnya.

Meski data penelitian menyebut penyebaran varian Omicron cepat menurun, Budi meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Kemudian 3T (testing, tracing serta treatment) dan vaksinasi terus digencarkan.

"Yang terpenting, jangan sampai lupa protokol kesehatan serta disiplin dalam melakukan surveillans 3T khususnya vaksinasi," terang Budi.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengamati penyebaran varian Omicron di Tanah Air terus mengalami peningkatan khususnya dari pelaku perjalanan luar negeri. Adapun positivity rate dari kedatangan pelaku perjalanan luar negeri mencapai 13% sementara untuk transmisi lokal hanya 0,2%.

BERITA TERKAIT