test

News

Minggu, 16 Januari 2022 22:00 WIB

Menko Luhut: Kasus Transmisi Lokal Varian Omicron Sudah Mendominasi

Editor: Hadi Ismanto

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebut kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus merangkak naik. Berdasarkan jumlah kasus terbaru, transmisi lokal telah mendominasi.

"Kasus transmisi lokal sudah lebih tinggi dari transmisi yang disebabkan pelaku perjalanan luar negeri," ujar Menko Luhut dalam konferensi pers secara daring, Minggu (16/1/2022).

Luhut mengatakan, kenaikan kasus Covid-19 tersebut didominasi oleh wilayah Jawa-Bali. Salah satu provinsi dengan kenaikan tertinggi adalah DKI Jakarta.

"Kasus didominasi wilayah Jawa-Bali, terutama Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya, dan kenaikan kasus Jawa-Bali terlihat pada Provinsi Jawa Barat dan Banten.Ini didorong oleh wilayah mereka yang masuk gelombang aglomerasi Jabodetabek," tuturnya.

Menurut Luhut, pemerintah menyadari cepat atau lambat peningkatan kasus seperti beberapa waktu lalu mungkin akan terjadi. Terakhir, pada Januari 2022, jumlah kasus Covid-19 harian mencapai angka 1.054 kasus.

"Tapi sore ini, hari ini kembali menurun, kembali di bawah 1.000 yakni 800 sekian," tukasnya.

BERITA TERKAIT