Kesehatan

Selasa, 18 Januari 2022 10:20 WIB

5 Cara Atasi Masalah Stres, Cukup Tidur Hingga Rutin Olahraga

Editor: Hadi Ismanto

Stres berat jangan sampai berkepanjangan karena dapat memicu risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi hingga terkena stroke. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Stres berkepanjangan akan memicu berbagai masalah kesehatan. Kondisi ini jika dibiarkan berlarut-larut akan dapat mengganggu kehidupan Anda.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/1/2022), berikut tips menghilangkan stres agar merasa lebih tenang, nyaman, dan bahagia.

1. Habiskan Waktu Bersama Keluarga atau Teman
Terkadang stres akan terasa sulit untuk diatasi sendiri. Ketika Anda sudah merasa kesulitan menghadapi stres sendirian, cobalah mencari dukungan dan bantuan dari teman-teman atau keluarga.

Berbagai riset menyebutkan bahwa seseorang akan merasa lebih tenang, nyaman, dan lebih mampu menghadapi stres ketika lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman atau keluarganya. Dengan rutin bersosialisasi, Anda juga tidak akan merasa kesepian.

2. Lakukan Kegiatan yang Disukai
Salah satu cara menghilangkan stres yang cukup efektif adalah dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Coba lakukan kegiatan yang membuat Anda lupa waktu dan merasa bahagia seperti menulis, memancing, membaca buku, mewarnai, atau menonton film.

Jika merasa sulit memilih aktivitas yang menyenangkan, Anda bisa mencoba hal baru yang sebelumnya belum pernah dicoba, misalnya melukis, berkebun, dan mengikuti kelas dansa atau kelas merangkai bunga.

3. Mendengarkan Musik yang Menenangkan
Mendengarkan musik yang menenangkan juga bisa menjadi cara menghilangkan stres yang efektif. Hal ini karena musik bernada lembut bisa membuat tubuh lebih rileks serta menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres.

Tak hanya musik bernada lembut, Anda juga bisa mendengarkan genre musik favorit Anda untuk mengatasi stres.

4. Berolahraga Secara Rutin
Saat sedang merasa stres, Anda sebaiknya tidak terlalu lama menyendiri atau mengurung diri di rumah. Sebisa mungkin cobalah untuk tetap berolahraga, misalnya berjalan santai, joging atau berlari, bersepeda, menari, atau berenang.

Saat Anda banyak bergerak atau berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon pereda stres alami atau endorfin. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih rileks, tenang, dan tidur pun lebih nyenyak.

5. Istirahat yang Cukup
Bagi sebagian orang, stres mungkin bisa menyebabkan kurang tidur atau tidur kurang nyenyak. Jika hal ini terus berlanjut, Anda justru bisa semakin stres, kurang bertenaga, dan sulit konsentrasi atau fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Stres dan kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit kardiovaskular, depresi, dan obesitas.

Jika Anda sedang stres dan sulit tidur, cobalah untuk menciptakan suasana tidur yang tenang dan nyaman dengan meredupkan lampu kamar atau menyalakan aromaterapi. Jangan lupa juga untuk selalu mencukupi waktu tidur malam setidaknya 7–8 jam.

BERITA TERKAIT