Kesehatan

Kamis, 20 Januari 2022 10:20 WIB

Waspada, Ini Empat Tanda Orang Terinfeksi Varian Omicron

Editor: Hadi Ismanto

Penderita omicron. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Para ahli menyatakan varian Omicron memiliki gejala yang ringan dan lebih cepat menular. Jadi walaupun varian ini lebih mudah ditangani, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar tidak terinfeksi.

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Kamis (20/1/2022), berikut tanda-tanda seseorang terinfeksi varian Omicron yang harus diwaspadai.

1. Batuk
Dr Kristina Hendija menjelaskan seperti varian induknya, omicron masih memengaruhi saluran pernapasan yang mengarah ke batuk produktif atau non-produktif.

"Pasien juga sering mengeluh bahwa mereka merasa ingin mengeluarkan dahak tetapi tidak bisa melakukannya meskipun batuk berulang kali," jelas Hendija.

2. Demam
Mereka sering menyebutkan, pasien mengalami kedinginan dan sensasi demam yang hanya berlangsung selama satu atau dua hari. "Mayoritas pasien menyatakan mengalami demam meskipun klaimnya subjektif untuk sebagian besar," ucapnya.

3. Kelelahan
Dr Hendija menyatakan ada efek yang sama setiap kali ada proses infeksi. Tetapi tidak seperti varian delta sebelumnya, pada pasien omicron, keluhan tentang mudah lelah dan lemas berkurang secara signifikan.

4. Gejala lain
Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong, Robert G Lahita, mengatakan sakit tenggorokan, sesak napas, batuk, kemacetan, dan demam bisa menjadi gejala omicron.

Namun, ini semua adalah tanda-tanda flu dan pilek juga, kecuali sesak napas, yang lebih mengarah ke Covid-19.

CDC juga mengatakan orang dengan Covid-19 memiliki berbagai gejala yang dilaporkan, mulai dari gejala ringan hingga penyakit parah. Gejala dapat muncul dua sampai 14 hari setelah terpapar virus. Siapa pun dapat memiliki gejala ringan hingga parah.

BERITA TERKAIT