test

Kesehatan

Senin, 24 Januari 2022 10:05 WIB

Dahsyat, Lima Buah Ini Ampuh Atasi Serangan Vertigo

Editor: Hadi Ismanto

Selain obat-obatan medis, gejala vertigo juga bisa diatasi dengan mengonsumsi aneka buah. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Vertigo bisa menyerang kapanpun dan dimanapun. Vertigo bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari kondisi tertentu. Keluhan ini bisa membuat penderitanya mengalami pusing berputar dan bahkan kehilangan keseimbangan.

Selain obat-obatan medis, gejala vertigo juga bisa diatasi dengan mengonsumsi aneka buah. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah tersebut, dipercaya dapat meredakan keluhan pusing yang disebabkan oleh vertigo.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (24/1/2022), berikut ini adalah beberapa jenis buah yang dipercaya dapat meredakan gejala vertigo.

1. Kiwi
Kiwi dipercaya dapat untuk obat vertigo, karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi peradangan akibat suatu penyakit dan salah satunya adalah penyakit Meniere yang memiliki gejala vertigo.

2. Pisang
Pisang juga diklaim sebagai buah untuk mengobati vertigo. Hal ini karena kandungan vitamin B3 dalam pisang mampu menjaga fungsi saraf dan meredakan pusing.

Selain itu, buah ini juga menjadi bagian dari makanan yang mengandung vitamin C tinggi sehingga konsumsinya juga bisa meredakan gejala vertigo.

3. Semangka
Kurangnya cairan tubuh bisa menyebabkan penurunan tekanan darah sehingga memicu pusing akibat vertigo. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi banyak cairan agar vertigo dapat segera teratasi.

Ada beragam cara untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap harinya, Anda juga bisa mengonsumsi buah yang tinggi kandungan air, seperti semangka.

Di dalam satu buah semangka terkandung sekitar 92% air. Hal ini membuat semangka tak hanya baik untuk meredakan gejala vertigo, tetapi juga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4. Alpukat
Alpukat merupakan buah dengan sumber lemak sehat, protein, dan magnesium. Pada kondisi vertigo, salah satu penyebabnya adalah kekurangan magnesium. Oleh karena itu, konsumsi buah alpukat diduga bisa membantu penanganan gejala vertigo.

5. Kurma
Buah untuk obat vertigo selanjutnya adalah kurma. Kurma dapat meredakan vertigo yang diakibatkan anemia karena kurangnya asupan zat besi.

Hal ini karena kurma menjadi salah satu makanan yang mengandung zat besi tinggi. Selain kurma, zat besi juga dapat ditemukan pada kismis, plum, dan sayur bayam.

BERITA TERKAIT