Kesehatan

Kamis, 27 Januari 2022 10:05 WIB

Kenali Mom, Ini Sembilan Efek KIPI Vaksin Covid-19 Pada Anak 6-11 Tahun

Editor: Hadi Ismanto

Pemberian vaksin bagi anak-anak memiliki efek samping lebih rendah dibandi orang dewasa. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Prof Hindra Irawan Satari menyebut efek samping atau KIPI vaksin Covid-19 pada anak usia 6-11 cenderung lebih rendah dibandingkan orang dewasa.

"Dari segi umur, KIPI pada usia muda lebih rendah dari yang usia produktif dan lansia. Jadi tidak benar jika KIPI pada anak lebih tinggi," ungkap Hindra seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan.

Dia menambahkan, dengan tingkat KIPI serius yang jauh lebih rendah tentu pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun dinyatakan aman.

Hindra menekankan berbagai reaksi yang muncul pasca pemberian vaksinasi Covid-19 (KIPI) merupakan bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan. Untuk itu, jika muncul KIPI vaksin Covid anak itu adalah sesuatu yang wajar.

Namun, yang harus diperhatikan adalah derajat efek samping dari vaksinasi. Pasalnya, KIPI memiliki reaksi yang berbeda-beda pada setiap orang, ada yang bereaksi ringan hingga berat.

Berikut efek samping atau KIPI vaksin Covid anak usia 6-11 tahun.

Efek samping lokal:
- Sakit pada area penyuntikan
- Kemerahan
- Pembengkakan

Efek samping vaksin anak 6-11 tahun sistemik:
- Kelelahan
- Sakit kepala
- Demam
- Menggigil
- Mual
- Batuk

BERITA TERKAIT