test

News

Jumat, 28 Januari 2022 22:00 WIB

Lonjakan Omicron, Jokowi: Masyarakat Tetap Tenang dan Terapkan Prokes

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram Jokowi).

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik melihat lonjakan kasus positif Covid-19 varian Omicorn.  

Selain itu, Jokowi juga meminta agar masyarakat dapat selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Saya minta Bapak-Ibu, saudara-saudara sekalian tetap tenang, dan tidak panik. Laksanakan selalu protokol kesehatan kurangi aktivitas yang tidak perlu," ujar Jokowi, dalam siaran persnya secara daring, Jumat (28/1/2022).

Di kesempatan yang sama, Jokowi juga mengingatkan masyarakat agar menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan imunitasnya di tengah lonjakan pandemi Covid-19 varian Omicron.

"Saya mengajak saudara-saudara sekalian menjaga kesehatan diri masing-masing sebaik-baiknya untuk meningkatkan imunitas," ujarnya.

Lanjutnya, bila ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan tanpa gejala, Jokowi memperbolehkan agar mereka dapat melakukan isolasi mandiri di rumah selama lima hari.

"Bila ada gejala batuk, pilek atau gejala demam silakan gunakan layanan telemedecine atau ke puskemas atau ke dokter terdekat,”ucapnya.  

“Dengan demikian beban fasilitas kesehatan dari puskesmas sampai rumah sakit bisa berkurang," sambungnya.

Masih dari keterangan Jokowi, dirinya meminta agar setiap fasilitas kesehatan bisa fokus pada pasien Covid-19 gejala berat dan pasien yang membutuhkan layanan insentif.

"Ini penting agar fasilitas kesehatan kita dapat lebih fokus menangani pasien dengan gejala berat maupun pasien-pasien penyakit lain yang membutuhkan layanan intensif," tandasnya.

 

 

BERITA TERKAIT