test

News

Selasa, 1 Februari 2022 13:45 WIB

Jokowi Terima Aduan WNA Soal Permainan Karantina, BNPB Turun Tangan

Editor: Hadi Ismanto

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Suharyanto. (Foto: PMJ News/Setkab)

PMJ NEWS - Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan akan segera menindaklanjuti soal permainan karantina. Hal ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah keluhan dari warga negara asing (WNA).

"Tentu (dugaan adanya permainan karantina) ini harus segera ditindaklanjuti oleh Satgas (Penanganan Covid-19)," ujar Letjen Suharyanto kepada wartawan, Selasa (1/2/2022).

Suharyanto menjelaskan, seluruh stakeholder harus meningkatkan pengawasan dan pelaksanaan karantina. Terutama di hotel-hotel yang menjadi lokasi karantina warga negara asing (WNA).

"Lebih meningkatkan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan kekarantinaan, khususnya di hotel-hotel," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri menyatakan akan menindak pihak-pihak yang terlibat permainan karantina yang dilakukan terhadap warga negara asing (WNA) yang datang ke Indonesia. Hal ini seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Intinya Polri akan turun bersama stakeholder terkait dan akan tindak tegas kepada siapa pun yang terbukti melakukan pelanggaran kekarantinaan," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Selasa (1/2/2022).

Dedi menyebut akan lebih mengoptimalkan pengetatan pintu masuk ke Tanah Air. Polri bersama Satgas Covid-19 akan melakukan pemantauan lewat aplikasi 'Karantina Presisi' yang sebelumnya sudah dirilis Kapolri.

"Ya. Bersama satgas dan memantau dengan menggunakan Aplikasi Karantina Presisi," ujar Dedi.

BERITA TERKAIT