test

Film Musik

Kamis, 3 Februari 2022 15:45 WIB

Buka Family Sunday Movie, Sandiaga Ajak Pelaku Film Jadi Agen Perubahan

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: PMJ News/Instagram @sandiuno)

PMJ NEWS - Sebagai bentuk percepatan pemulihan ekonomi lewat parekraf, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka festival film pendek bertajuk Family Sunday Movie (FSM) 2022.

Melalui FSM ini, Menparekraf Sandiaga Uno mengajak semua pihak menjadi agen perubahan untuk sektor ekonomi kreatif Indonesia.

"Melalui film pendek jadilah agen perubahan ekonomi kreatif Indonesia. Tunjukkan eksistensi, wujudkan mimpi! Karena mahakarya akan selalu menemukan jalannya," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Kamis (3/2/2022).

Sandiaga mengatakan, FSM merupakan wadah bagi para pelaku film untuk menghasilkan karya-karya orisinil yang berkualitas sehingga memiliki nilai jual dan mampu bersaing di kancah nasional dan internasional.

"Kami berkomitmen untuk mengapresiasi, memfasilitasi, memperluas jaringan para film maker dan komunitas film lokal untuk melahirkan generasi baru yang akan menjadi motor penggerak bagi industri kreatif di Indonesia," ungkap Sandiaga.

Melalui FSM, lanjutnya, para pelaku film juga bisa belajar mendistribusikan hasil karyanya. Sehingga tak hanya meningkatkan performa komunitas, tetapi membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas.

"Mari kita manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi solusi di tengah keterbatasan. Bersama kita berkreasi, menciptakan karya-karya hebat, dan bermanfaat supaya lapangan kerja bisa terbuka untuk masyarakat luas," ungkap Sandiaga.

Pria yang akrab dipanggil Sandi itu mengajak seluruh pihak, mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas film hingga pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia bisa ikut serta dalam ajang tersebut.

Syaratnya, pertama, berkewarganegaraan Indonesia atau berdomisili di Indonesia bagi sutradara, produser, dan penulis naskah dalam film yang ingin mendaftarkan diri. Kedua, film pendek yang dibuat merupakan fiksi atau dokumenter yang dibuat di Indonesia.

"Boleh angkat tema apapun selama tidak mengandung unsur SARA," imbuhnya.

Selanjutnya, Dewan Juri FSM akan memilih dua film pendek terbaik setiap bulan. Para pemenang akan mendapat sertifikat, uang tunai, merchandise, publikasi pada portal media nasional serta diundang dalam acara meet & greet bersama Sandiaga dan para sineas nasional.

Selain itu, setiap film terpilih secara otomatis akan menjadi nominasi di malam penghargaan FSM yang diadakan pada bulan November 2022 mendatang.

"Jadwal pendaftaran dibuka mulai tanggal 2 sampai 12 Februari 2022. Segera daftarkan karyamu melalui www.familysundaymovie.com. Jangan lewatkan kesempatan ini, ya!" ungkap Sandiaga. 

BERITA TERKAIT